Bertemu Menhan Turki, Prabowo Subianto Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) RI, Prabowo Subianto, menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Pertahanan Turki, HYaşar Güler, di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Jakarta, Jum'at, (23/8/2024). Foto. Humas Kemhan RI.

SALINDIA.ID – Jakarta, Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) RI, Prabowo Subianto, menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Turki, HYaşar Güler, di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Jum’at (23/8/2024).

Tiba di Jakarta, Menteri Pertahanan Turki disambut oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, M. Herindra, dengan jajar kehormatan di lapangan BTI.

Pertemuan ini kedua menhan ini menekankan pentingnya transfer pengetahuan serta pengembangan kapasitas dalam kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi antara Menhan Prabowo dan Menhan Turki di ruang kerja Menhan RI. “Terima kasih atas kunjungan Menteri Pertahanan Turki, Yaşar Güler. Kami sangat menghargai hubungan kerja sama pertahanan yang telah terjalin erat antara Indonesia dan Turki,” ujar Prabowo.

Turki telah menjadi mitra strategis bagi Indonesia dalam sektor pertahanan, dengan kerja sama yang dimulai sejak penandatanganan dokumen kerja sama industri pertahanan pada tahun 2010.

Hubungan ini terus berkembang melalui Pertemuan Kerja Sama Industri Pertahanan yang telah berlangsung sejak tahun 2012.

Menhan Prabowo berharap, hubungan bilateral Indonesia-Turki di bidang pertahanan tidak hanya menguntungkan kedua negara, tetapi juga berkontribusi terhadap stabilitas keamanan di kawasan.

Fokus utama dalam kerja sama ini adalah transfer pengetahuan dan pengembangan kapasitas, termasuk inisiatif seperti pemberian beasiswa bagi mahasiswa Indonesia di Turki, kursus singkat tentang program industri pertahanan, dan pembentukan program bahasa Turki di universitas-universitas di Indonesia.

 

Share :

Related Posts

Add New Playlist