Juara KSM Asal Simeulue Wakili Aceh ke Level Nasional

Nadhira juara KSM didampingi Kepala MTs Negeri 2 Simeulue, Septimi Hartati Natalia. (mc aceh)

SALINDIA.ID – Simeulue, Juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Nadhira, siswi kelas 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Simeulue, Kabupaten Simeulue, mewakili Provinsi Aceh dalam kegiatan KSM level nasional.

Nadhira, anak kedua dari dua bersaudara, anak kandung pasangan suami istri Marsidin dan Rosmiati itu, meraih juara 1 KSM tingkat MTsN-SMP IPS Terpadu Provinsi Aceh selain berhak melaju ke tingkat nasional, juga telah mengharumkan nama sekolah dan dunia pendidikan Kabupaten Simeulue.

“Alhamdulillah, anak didik kita atas nama Nadhira, kelas 2, MTs Negeri 2 Simeulue meraih juara 1 KSM tingkat MTsN dan SMP IPS Terpadu se-Provinsi Aceh. Dengan predikat juara 1 itu, Nadhira mewakili Provinsi Aceh, ke tingkat nasional yang akan digelar Maluku Utara,” kata Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Simeulue, Septimi Hartati Natalia, Rabu (14/8/2024).

Berdasarkan keterangan tertulis, Kepala MTs Negeri 2 Simeulue itu menjelaskan, Nadhira merupakan siswi yang tidak banyak bicara, cerdas, beretika, sopan dan fokus pada pelajaran, sehingga selalu mendapat ranking pertama, sejak dari bangku Sekolah Dasar hingga saat ini.

Sejak awal, pihak sekolah dan guru MTs Negeri 2 Simeulue, bersama-sama mendorong Nahdira untuk mengikuti event KSM tingkat Provinsi Aceh, yang dimulai dari tahap seleksi tingkat seluruh sekolah yang ada di wilayah kepulauan dan kemudian lolos menjadi duta yang menguasai bidang studi IPS untuk mewakili Kabupaten Simeulue.

Kepsek MTs Negeri 2 Simeulue melanjutkan, untuk menjadi duta bidang studi IPS itu, Nadhira mampu menguasai dan fasih bahasa Arab dan bahasa Inggris serta mata pelajaran lainnya, meskipun masih terkendala tidak tersedianya tenaga pembinaan untuk bimbingan belajar dari tingkat provinsi.

Dia juga meminta kepada generasi muda dan pelajar lainnya untuk mengikuti jejak dan prestasi Nadhira serta berharap kepada seluruh masyarakat Provinsi Aceh dan khsususnya warga Kabupaten Simeulue, untuk mendoakan Nadhira, dapat meraih juara di KSM tingkat nasional, yang akan digelar sejak tanggal 3-8 September 2024 di Maluku Utara.

“Kita berharap para pelajar lainnya dapat mengikuti jejak dan prestasi Nadhira. Dan saya berharap seluruh masyarakat Provinsi Aceh dan khususnya warga Simeulue, untuk dapat mendoakan Nadhira dapat juara di KSM tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Maluku Utara, pada tanggal 3-8 September 2024,” tutup Kepsek MTs Negeri 2 Simeulue.

Diketahui Nadhira, yang masih tercatat warga Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur dan profesi ayah kandungnya sebagai tenaga bakti di salah satu sekolah yang ada di Pulau Simeulue, sedangkan ibu kandungnya berprofesi ASN di salah satu instansi pemerintahaan setempat.

Prestasi yang diraih Nadhira itu, juga mendapat support dari Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Simeulue, Sarman Jayadi, setelah mengetahui prestasi yang diraih salah seorang generasi muda dalam daerahnya.

“Patut kita berikan apresiasi kepada Nadhira, yang merupakan salah satu generasi muda yang mampu mengharumkan nama orang tua, sekolah dan daerahnya serta mewakili Provinsi Aceh di KSM tingkat nasional. Ini perlu dicontoh oleh para generasi muda Simeulue, yang mampu menunjukan kualitasnya dan mampu bersaing ditingkat level nasional,” kata Sarman Jayadi.

Share :

Related Posts

Add New Playlist