UMKM Aceh Besar Siap Meriahkan PON XXI dengan Produk Terbaik

Pekerja menenun kerajinan kain Songket di Rumah Teunun Mutiara di Gampong Krueng Kalee, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Sabtu (20/07/2024).

SALINDIA.ID – Aceh Besar, Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada September 2024 di Aceh-Sumut, lebih dari 66 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar siap berpartisipasi.

Puluhan UMKM itu akan mempersembahkan berbagai makanan dan souvenir terbaik yang merupakan hasil karya masyarakat Aceh Besar.

Plt Kepala Diskopukmdag Aceh Besar, Trizna Darma, melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Yuswandi, menjelaskan bahwa Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto telah menyatakan dukungan penuh untuk menyukseskan PON XXI. Keterlibatan UMKM merupakan bagian dari upaya suksesnya acara olahraga bergengsi ini.

“Target kami adalah melibatkan 80 UMKM binaan Pemkab Aceh Besar dalam pameran PON, meskipun saat ini yang terdaftar sudah lebih dari 66. Kami terus memantau dan memastikan keikutsertaan UMKM,” ujar Yuswandi, dalam keterangannya, Kamis (1/8/2024).

Dari total 10.805 UMKM yang terdaftar, Diskopukmdag Aceh Besar menargetkan 80 UMKM untuk berpartisipasi dalam pameran UMKM di venue PON. Para pelaku UMKM sangat antusias dan telah melakukan berbagai persiapan, termasuk peningkatan kualitas produk, inovasi, dan perbaikan kemasan.

Guna mempermudah transaksi, UMKM juga telah mempersiapkan sistem pembayaran digital QRIS. Sebanyak 67 UMKM telah mengadopsi sistem ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan berbelanja bagi pengunjung PON.

Yuswandi berharap semua UMKM dapat memberikan pelayanan terbaik dan menunjukkan produk unggulan mereka selama PON berlangsung. “Ini adalah kesempatan besar untuk mempromosikan produk Aceh Besar kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Ditegaskan, dengan semangat dan kesiapan yang tinggi, Aceh Besar siap memanfaatkan PON XXI sebagai ajang promosi dan peningkatan kualitas produk UMKM lokal.

Share :

Related Posts

Add New Playlist