Suhu Udara di Banda Aceh Mencapai kategori tinggi hingga ekstrem

Sinar matahari menyinari Kota Banda Aceh. (mc aceh)

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, suhu udara di Banda Aceh dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir naik signifikan, bahkan, mencapai kategori tinggi hingga ekstrem.

“Suhu maksimum di wilayah tersebut mencapai 38 derajat celcius,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda, Budi Hutasoit, dalam keterangan persnya, Sabtu (20/7/2024).

Menurut Budi, kenaikan suhu ini disebabkan musim kemarau.  BMKG memprediksi, kondisi ini akan terus berlanjut dalam tiga hari ke depan, dengan perkiraan suhu di Banda Aceh berkisar antara 25 hingga 37 derajat celcius.

Suhu saat ini harus diwaspadai karena sudah termasuk angka yang cukup tinggi “Kemarin tercatat suhu tertinggi di Banda Aceh mencapai 37,9 derajat celcius,” ujarnya.

Menyikapi kondisi ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan minum air putih yang cukup, serta menghindari aktivitas yang berat di luar ruangan pada siang hari.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, tidak membakar sampah sembarangan dan tidak meninggalkan api di lahan-lahan kosong yang mudah terbakar.

“Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat memperparah kondisi panas dan juga berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan,” ujarnya.

Share :

Related Posts

Add New Playlist