Penjabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah Buka Festival Rapai Aceh 2024

FOTO : Pj. Gubernur Aceh, Bustami, Menyerahkan piagam penghargaan kepada pengrajin rapai dan Syeh Rapai kabupaten Aceh Barat, Meulaboh, Jumat (19/7/2024) malam. SUMBER FOTO BIRO ADPIM SETDA ACEH

SALINDIA.ID – Aceh Barat, Penjabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah membuka Festival Rapai Aceh 2024 di Lapangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat, Jumat (19/7/2024) malam.

Festival Rapai Aceh 2024 diselenggarakan sebagai upaya untuk memajukan dan melestarikan kebudayaan Aceh, mengembangkan nilai-nilai seni dan budaya Aceh hingga memperkaya keberagaman kesenian Aceh, khususnya kesenian Rapai.

“Festival ini kita diselenggarakan untuk memajukan dan melestarikan Budaya Aceh, khususnya kesenian Rapai. Oleh karena itu, selaku Pimpinan Pemerintahan Aceh, kami merasa sangat berbangga dapat berhadir di lapangan ini bersama para pelaku seni dan budaya. Kami ucapkan Selamat Datang kepada para pelaku seni dan budaya seluruh Aceh di event ini,” ujar Pj Gubernur.

Dalam Festival Rapai Aceh 2024 ini, secara khusus akan diperlombakan tarian Rapai Geleng. Sebagaimana diketahui, Rapai geleng merupakan suatu tarian yang bermula dari kegiatan agama islam yaitu Dalail Khairat, yang dilaksanakan di tempat pengajian yang kemudian bertransformasi menjadi rateb geleng yang kemudian beralih lagi dalam wujud tari Rapai Geleng.

Pj Gubernur menjelaskan, Tarian Rapai Geleng ini mengandung nilai-nilai seperti nilai tradisi, nilai budaya, nilai keindahan, dan nilai kekompakan, sehingga Tari Rapai Geleng menjadi salah satu tari tradisional dalam masyarakat Aceh yang cukup popular saat ini.

“Sebagai sebuah karya seni dari masyarakat yang sangat dekat dan lekat dengan nilai-nilai keIslaman, oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 2014, Tari Rapai Geleng telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda,” kata Bustami.

Pj Gubernur menambahkan, sebagai bentuk upaya pemajuan kebudayaan menurut Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017, Festival Rapai Aceh Tahun 2024 ini bertujuan sebagai wahana membangun silaturahmi bagi para pelaku seni Rapai di Aceh. Sebagai salah satu bentuk apresiasi karya seni bagi pelaku seni dan seniman untuk menampilkan karya seni terbaiknya,

Selain itu, sambung Pj Gubernur, festival ini juga bertujuan sebagai salah satu wadah bagi pelaku seni dan seniman, untuk mengapresiasikan bakat dan kemampuan seni dalam bentuk perlombaan, serta sebagai ruang untuk edukasi kesenian Aceh melalui tarian Rapai. Sehingga kelak anak-anak muda Aceh dapat terus melestarikan kesenian rapai dan mempromosikannya ke tingkat nasional maupun internasional.

“Semua tujuan ini penting kita capai sebagai salah satu wadah untuk melestarikan kebudayaan Aceh. Karena itu, Pemerintah Aceh berkomitmen akan terus menyelenggarakan event-event kebudayaan Aceh baik dalam bentuk kesenian tari maupun cabang kesenian lainnya,” tutup Bustami.

Share :

Related Posts

Add New Playlist