Takbir Keliling Meriahkan Malam Iduladha di Aceh

Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah saat melepas peserta takbir keliling di Banda Aceh, Minggu (16/6/2024). Foto: MC Aceh

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Pelaksanaan takbir keliling menyambut dan memeriahkan hari raya Iduladha di Kota Banda Aceh, Minggu (16/6/2024) malam.

Pawai takbir itu diikuti kelompok masyarakat gampong dan remaja masjid, yang ada di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Prosesi pelepasan peserta pawai ditandai dengan pemukulan bedug oleh Pj. Gubernur Aceh Bustami dengan mengambil start di Masjid Raya Baiturrahman sekitar pukul 21.20 WIB.

Ribuan warga tumpah ke sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta obor. Warga tampak antusias menyaksikan peserta melewati ruas jalan protokol di Banda Aceh di antaranya Jalan T. Chik Ditiro, Simpang Surabaya, dan Jalan Teuku Daud Beureueh dan finish kembali di depan Masjid Raya Baiturahman.

Hari Raya Iduladha memiliki makna yang lebih penting yakni pertemuan besar umat Islam dari seluruh penjuru Dunia guna menunaikan ibadah haji, seperti sekarang ini di Tanah Suci, Makkah AL-Mukaromah.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah menyampaikan, ibadah haji merupakan suatu bukti ajaran persatuan dalam Islam, di mana mereka berkumpul serentak memenuhi panggilan Allah SWT, bersimpuh dan bersujud di hadapan Allah SWT.

“Oleh karenanya diharapkan agar setiap peserta pawai kendaran takbir keliling dapat menjaga ketertiban serta selalu memperhatikan keamanan dalam perjalanan, agar pelaksanaan pawai kendaraan takbir keliling dapat berjalan dengan lancar dan aman,” kata Bustami Hamzah.

Share :

Related Posts

Add New Playlist