USK Wajibkan Mahasiswa Baru Ambil Mata Kuliah Pembinaan Karakter

Para mahasiswa mengikuti kuliah umum di Gedung AAC Dayan Dawood.

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Rektor USK, Prof. Dr. Ir Marwan dalam kuliah umum bersama mahasiswa menyampaikan, salah satu tantangan yang menjadi perhatian USK di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini adalah tergerusnya identitas budaya serta nilai-nilai kearifan lokal.

“Oleh sebab itu, program pembinaan karakter telah USK mulai sejak pembinaan mahasiswa baru. Di mana USK mewajibkan mahasiswa barunya untuk mengambil Mata Kuliah Pembinaan Karakter (MKPK) dan (MKPK) 2,” sebut Rektor, Selasa (28/5/2024).

Selanjutnya, bagi mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah serta lulusan jalur Talenta Berprestasi, USK mewajibkan mereka untuk mengikuti program pembinaan di asrama. Selama mengikuti program pembinaan tersebut, mahasiswa akan mengikuti berbagai kegiatan.

Di antaranya, orientasi dasar pengenalan asrama, kajian harian dan pekan, olahraga, pembinaan dan konsultasi mental, bakti sosial, self awareness training, achievement motivation training, dan lainnya.

“Alhamdulillah, pembinaan karakter yang USK lakukan ini telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa,” tutur Prof Marwan.

USK menggelar kuliah umum bersama Dirjen Diktiristek, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc tentang Tantangan Mahasiswa dalam Menghadapi Era Globalisasi di Universitas Syiah Kuala (USK). Kuliah umum ini berlangsung di AAC Dayan Dawood.

Share :

Related Posts

Add New Playlist