Presiden Jokowi Minta Layanan Stroke dan Jantung Ditingkatkan

Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin, melakukan kunjungan kerja ke RSUD dr. Baharuddin Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara/Foto: Kemenkes

SALINDIA.ID – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta layanan dan penanganan penyakit stroke dan jantung tidak hanya terbatas di kota-kota besar saja tapi juga hingga ke daerah terkecil sekalipun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD dr. Baharuddin Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, yang didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada Senin (13/5/2024)

“Saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu adalah stroke dan jantung. Problemnya, kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, kalau tidak segera ditangani nanti akan menjadi problem,” kata Presiden Jokowi.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus memberikan bantuan kepada rumah sakit daerah, seperti RSUD dr. Baharuddin Kabupaten Muna sebagai dukungan terhadap layanan penyakit jantung dan stroke di daerah.

Pemerintah pusat juga memberikan berbagai bantuan seperti CT Scan, Catheterization Laboratory (Cath Lab), dan bantuan lain kepada RSUD untuk pelayanan stroke dan jantung di daerah.

Selain itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa kelengkapan alat kesehatan di RSUD harus diimbangi oleh keberadaan dokter spesialis.

“Untuk kesehatan yang paling penting nanti CT Scan ada. Nanti akan dikirim lagi mammogram, Catch Lab, biar kelengkapan alat kesehatannya semuanya standar. Tetapi juga harus ada dokter spesialis yang dapat mengoperasikan alat-alat yang sangat modern ini,” kata Presiden Jokowi.

Share :

Related Posts

Add New Playlist