Tgk Darmawan Ciptakan Alat Ukir Nama dan Kaligrafi dari Jarum Suntik

Tgk. Darmawan saat menpraktikkan cara Mengukir dengan alat yang diciptakannya. Foto: Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Nagan Raya, Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) yang berlangsung di Nagan Raya, salah satu yang menarik perhatian adalah alat ukir nama dan kaligrafi di media kayu yang dibuat Tgk Darmawan, Rabu (8/5/2024).

Tgk Darmawan dengan kreativitasnya berhasil memanfaatkan jarum suntik sebagai alat ukir nama, dan jenis ukiran skala kecil lainnya di media kayu.

Pria yang tinggal di Dayah Bantuan Turki, Blang Bintang ini menceritakan, berhasil membuat inovasi tersebut karena pemahamannya tentang elektronik. “Jadi di pesantren saya menjabat seksi mekanik, sebelum ke pesantren, saya jauh-jauh hari saat umur masih muda, sudah paham tentang elektronik,” ceritanya.

Lanjut dia, saat di dayah, muncul ide karena waktu itu untuk berjualan gantungan kunci dalam bermacam model. “Jadi, saya membuat nama di gantungan kunci, kalau pakek spidol biasa udah sering orang buat. Saya punya ide yang terbaru,” tuturnya.

Dia yang mengerti elektronik, kemudian terus mempelajari. “Saya coba alat ini. Inisiatif saya membuatnya dari jarum suntik, lebih murah harganya. Kalau pabrikan harganya lebih mahal,” kisahnya.

Kemudian dengan memanfaatkan listrik, ia mampu menghadirkan panas ke jarum suntik hingga bisa digunakan untuk mengukir di atas kayu. Hingga, karyanya itu memudahkan pengguna untuk mengukir.

Share :

Related Posts

Add New Playlist