Indonesia Gandeng Perusahaan Global untuk Akselerasi Transformasi Digital

Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong serta Staf Khusus Menteri Widodo Muktiyo dan Sugiharto memberikan keterangan ke awak media di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta (Anhar/Humas Kominfo)

SALINDIA.ID – Jakarta, Untuk mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional,  pemerintah terus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi global, seperti Microsoft dan Apple.

“Kerja sama dan kolaborasi dengan Microsoft ini bisa sangat membantu Indonesia untuk melakukan transformasi digital,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo0, Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya terkait konferensi pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, seperti dilansir pada Kamis (2/5/2024).

Budi Arie menjelaskan, kerja sama dengan perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia.

Misalnya, CEO Microsoft Satya Nadella yang telah merilis nilai komitmen investasi sebesar Rp28 Triliun untuk mengembangkan teknologi kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI) dan Komputasi awan atau Cloud di Indonesia.

Hal ini menjadi bagian dari upaya pemerintah mewujudkan transformasi digital dalam aspek infrastruktur digital.

“Pak Presiden sampaikan ke Mr. Satya Nadella bahwa digital transformation is the important link to Indonesia, hal yang sangat penting di Indonesia adalah transformasi digital,” tuturnya.

Selain itu, Microsoft juga menawarkan investasi yang mencakup kerja sama pengembangan sumberdaya manusia di bidang digital.

Dalam hal ini, pihak Microsoft berencana membangun kolaborasi mencetak 840 ribu orang digital talent khusus mengenai Artificial Intelligence (AI) di Indonesia selama empat tahun.

“Kominfo punya program pelatihan yang namanya Digital Talent Scholarship. Tadi saya sudah sampaikan setelah pertemuan ini kita akan mendetilkan semuanya dengan pihak Microsoft karena kalau 840 ribu prang dalam waktu empat tahun berarti setahun 210 ribu anak-anak muda kita bisa kita latih skill-nya untuk bisa menguasai teknologi AI,” jelas Menkominfo.

Menurut Budi Arie, kerja sama dengan Microsoft akan memberikan keuntungan bagi Indonesia karena menjadi bagian dari ekosistem digital global khususnya AI yang akan menjadi pilihan teknologi penting di masa depan.

“Mr. Satya Nadella menyampaikan ke Pak Presiden bahwa AI juga bisa membantu sektor pertanian, perikanan dan sektor lainnya. Karena dengan AI, sumberdaya alam kita bisa kita gunakan dengan lebih produktif dan maksimal,” tuturnya.

Dalam acara itu, Menteri Budi Arie didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Khusus Menteri Sugiharto dan Staf Khusus Menteri Widodo Muktiyo.

Share :

Related Posts

Add New Playlist