Sidang Isbat Wujud Penjaga Persatuan dan Kesatuan Umat

Ketua Ketua Komisi VIII bidang keagamaan DPR RI Ashabul Kahfi saat konferensi pers sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta. Selasa (9/4/2024)./Foto Istimewa/Humas Kemenag

SALINDIA.ID – Jakarta, Ketua Komisi VIII bidang keagamaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ashabul Kahfi mengapresiasi Kementerian Agama yang secara konsisten menyelenggarakan Sidang Isbat.

Menurutnya, Sidang Isbat merupakan tradisi luhur dan wujud nyata dalam menjaga persatuan dan kesatuan umat Islam di Indonesia di tengah keragaman penentuan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Demikian disampaikan Ashabul saat konferensi pers sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta. Selasa (9/4/2024).

“Kementerian Agama telah menunjukkan perannya sebagai lokomotif toleransi, memastikan bahwa perbedaan ini tidak menjadi sumber perpecahan. Upaya ini patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi kita semua. Dalam penentuan hari raya kita mengenal berbagai metode seperti hisab, rukyat, ataupun imkanurrukyat. Masing-masing metode memiliki landasan yang kuat dan dipilih berdasarkan berbagai macam interpretasi yang beragam. Hal ini menunjukkan kekayaan tradisi, sekaligus tantangan dalam mengelolanya,” jelasnya.

Ashabul Kahfi pun turut bersyukur karena tahun 2024 ini Idul Fitri dapat dilaksanakan secara bersama-sama di seluruh Indonesia.

“Momen ini akan semakin mengokohkan kebersamaan kita dalam membangun kehidupan yang harmonis baik dalam beragama, berbangsa, dan bernegara,” tutup Ashabul.

Share :

Related Posts

Add New Playlist