Siapkan Kader Pemimpin Nasional, Ini Empat Pesan Lemhanas RI

Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono membuka dan menjadi Inspektur Upacara PPRA 67 Lemhanas RI T.A. 2024 di Ruang Dwiwarna Purwa, Lemhannas RI, Jakarta, pada Selasa (26/3/2024). Foto: Humas Lemhanas RI.

SALINDIA.ID – Jakarta, Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Letjen TNI Eko Margiyono menyampaikan empat pesan kepada peserta yang mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan PPRA 67 selama tujuh bulan ke depan.

Hal itu ia sampaikan saat bertindak sebagai inspektur upacara PPRA 67 Lemhanas RI T.A. 2024 di Ruang Dwiwarna Purwa, Lemhannas RI, pada Selasa (26/3/2024).

Eko Margiyono, menyampaikan tujuan dan sasaran pendidikan PPRA di Lemhannas RI, yaitu menyiapkan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir komprehensif, integral, holistik, integratif.

Tak hanya itu, para peserta pun harus profesional, serta memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, negarawan, berwawasan nusantara dan mempunyai cakrawala pandang yang universal.

Lebih lanjut, Eko Margiyono berpesan empat hal ke peserta PPRA 67. Pertama, para peserta diharapkan dapat mengikuti dan menjalani proses pendidikan dengan niat yang tulus, memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak berdasarkan pandangan geopolitik dan geostrategis.

Kedua, adalah peserta diharapkan dapat menjadikan proses pembelajaran di pendidikan ini sebagai sarana untuk mengukur sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Ketiga, peserta agar terus meningkatkan motivasi belajar dengan menjalankan peran sebagai peserta didik yang bertanggung jawab.

Kemudian yang keempat, para peserta dapat menjalin dan membangun komunikasi (networking) dengan cara aktif berkomunikasi antar peserta, tenaga pengajar, tenaga pengkaji, dan tenaga profesional dan seterusnya.

“Pada akhirnya saya berharap, kelak para peserta setelah lulus dari program pendidikan ini, akan menduduki puncak jabatan strategis pada masing-masing instansinya, dan kompetensi kepemimpinan strategis nasional,” pungkas Eko Margiyono.

Share :

Add New Playlist