Kakankemenag Kota Banda Aceh Ikuti Rakor Penyusunan RKA-SK Kanwil Kemenag Aceh

Foto: Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh H Salman SPd MAg didampingi Kasi Penmad Kusnadi MA, Kasi PD Pontren H Sayed Khawalid MA, Kasi PAI Syafruddin MSi hadir dalam Kegiatan RAKOR Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) 2025 di Kota Langsa, Rabu 28 Februari 2024.

Pada kegiatan yang diadakan di Hotel Harmoni Kota Langsa ini, juga dilaksanakan pelantikan pengurus forum Pendidikan Islam (Pendis) yang digagas tahun ini di Provinsi Aceh. Syafruddin selaku Kasi PAI dari Kemenag Kota Banda Aceh terpilih menjadi Ketua Forum Kasi PAI Se-Aceh pertama yang dilantik oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Drs H Azhari MSi.

Dalam arahannya, Kakanwil mengingatkan agar ASN menjaga nama baik lembaga serta mewujudkan Pakta Integritas.

“Sehingga Instansi Kemenag terhindar dari Pengaduan Masyarakat (Dumas) yang bersifat negatif dan merusak nama baik lembaga,” Ujarnya.

Azhari juga menekankan pentinga peran organisasi Dharma Wanita dalam mendukung tugas yang dijalankan oleh lembaga.

Sementara itu Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI Dr. H. Faisal Ali Hasyim, S.E, M.Si, CA, CSEP yang hadir secara daring turut memberikan arahan dalam RAKOR Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja (RKA-SK) 2025 tersebut. Ia mengingatkan agar pegawai Kementerian Agama tidak melakukan praktik pungli.

“Jangan ada pungli dan pengutipan dana melebihi ketentuan. Pada tingkat madrasah, dana BOS dan Komite juga harus akuntabel dan jangan disalahgunakan,” Pesannya.

Ia juga menekankan peran penting Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) sebagai perpanjangan tangan Irjen dalam melaksanakan pengawasan terhadap pengawasan dana BOS dan Komite. Faisal berharap jangan ada lagi Kepala Sekolah yang menggunakan dana BOS dan Komite untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak ada sangkut pautnya dengan peningkatan mutu sekolah.

“Terakhir saya berharap saudara sekalian terus belajar meningkatkan kapasitas diri. Tunjukkan bahwa ASN Kemenag memiliki etos kerja yang baik, inovatif, bekerja cerdas serta tuntas. Terus memperbaiki layanan, optimalkan ladership, jauhi akhlak tercela, dan terus berusaha menjadi pribadi lebih baik dari hari ke hari,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan RAKOR tingkat Kanwil ini, Salman akan menyampaikan kilas balik evaluasi kinerja di tahun anggaran 2023. Sementara itu, usulan perencanaan anggaran tahun 2025 akan disampaikan oleh Ahli Perencana Kantor Kemenag Kota Banda Aceh Nur Aqla yang merupakan rangkuman hasil dari Rakor di tingkat unit satker hingga Rakor tingkat Kota Banda Aceh. Rakor tersebut telah dilaksanakan di Parkside Hotel, Takengon mulai tanggal 16 hingga 18 Februari 2024 lalu.

Share :

Related Posts

Add New Playlist