Garuda Indonesia Terbang Langsung ke Doha Awal April 2024

Kerja sama penerbangan Jakarta - Doha antara maskapai Garuda Indonesia (kanan) dengan Qatar Airways (kiri)/Foto: Garuda Indonesia

SALINDIA.ID – Jakarta, Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mulai 4 April 2024 mendatang akan mengoperasikan rute penerbangan Jakarta – Doha pp. Hal ini dilakukan sebagai upaya memperkuat strategi pengembangan jaringan melalui langkah optimalisasi rute penerbangan internasional yang potensial dalam mendatangkan trafik penumpang menuju Indonesia.

Pengoperasian rute penerbangan tersebut turut diselaraskan dengan kerja sama codeshare yang dijajaki bersama Qatar Airways, dimana tiket penerbangan sudah dapat diakses mulai Februari 2024 pekan ini.

Penerbangan rute Jakarta – Doha nantinya akan dilayani satu kali setiap harinya dengan menggunakan armada pesawat Boeing 777-300ER dengan kapasitas 393 penumpang, dan konfigurasi 26 kursi kelas bisnis, dan 367 kursi kelas ekonomi.

Peluncuran rute penerbangan Jakarta – Doha ini turut merepresentasikan kedekatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Qatar yang bertujuan mempererat kerja sama ekonomi kedua negara, serta mendorong pertumbuhan sektor penerbangan dan pariwisata, termasuk meningkatkan arus perdagangan dan hubungan komersial antarnegara.

“Penerbangan ini sejalan dengan tingginya permintaan penerbangan langsung antara Jakarta dan Doha,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, sebagaimana dikutip InfoPublik pada Kamis (8/2/2024).

Irfan berharap, hadirnya penerbangan tersebut tidak hanya memberikan preferensi yang lebih luas bagi para penumpang Garuda Indonesia untuk menikmati jaringan penerbangan Qatar Airways di lebih dari 170 destinasi diberbagai belahan dunia, termasuk Eropa, Amerika, dan Afrika, namun juga menghadirkan aksesibilitas yang seamless bagi penumpang Qatar Airways untuk menjelajah eksotisme keindahan berbagai destinasi di Indonesia.

Ia menyatakan bahwa hadirnya Doha dalam jaringan penerbangan globalnya merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan pihaknya untuk menghadirkan piliham rute penerbangan yang semakin beragam bagi pengguna jasa.

“Terdapat ikatan bisnis, pariwisata, dan budaya yang kuat antara Indonesia dan Qatar, dan kami berharap hadirnya rute penerbangan ini semakin meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara, sekaligus menawarkan akses yang lebih mudah bagi wisatawan dari Qatar ke Indonesia, yang kini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia,” katanya.

Rute baru ini, lanjut Irfan, turut menandai tonggak sejarah yang signifikan bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional Indonesia yang menyediakan konektivitas yang nyaman bagi penumpang yang berangkat dari Jakarta menuju kota terbesar dan pusat keuangan di kawasan Timur Tengah.

Lebih lanjut, penerbangan langsung ini juga diharapkan dapat menarik minat wisatawan Qatar untuk dapat mengunjungi berbagai destinasi unggulan di Indonesia melalui Jakarta sebagai gerbang utama Indonesia.

Qatar Airways Group Chief Executive, Engr. Badr Mohammed Al-Meer, menyampaikan bahwa saat ini, pihaknya memiliki layanan penerbangan tiga kali sehari untuk penerbangan dari Doha menuju Jakarta dan Bali, serta baru-baru ini meluncurkan layanan tiga kali setiap minggunya dengan rute penerbangan dari Doha menuju Medan.

“Melalui kemitraan penerbangan dan codeshare Garuda yang baru ini, penumpang dapat menikmati koneksi yang lebih beragam yang turut kami perkuat dengan komitmen peningkatkan kualitas layanan dan nilai tambah yang dapat dinikmati pengguna jasa seperti layanan check-in services, priority boarding dan baggage-check operations,” imbuh Mohammed Al-Meer.

Share :

Add New Playlist