Rute KMP Papuyu Tahun 2024, Rute Pulo Breueh Raib dari Daftar

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Perhubungannya merilis Rute pelayaran KMP Pepuyu untuk masa operasi Tahun 2024.
SALINDIA.ID – Aceh Besar, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Perhubungannya merilis Rute pelayaran KMP Pepuyu untuk masa operasi Tahun 2024.
Mulai Besok, ASDP Aceh Buka Rute Pelayaran Lamteng – Balohan ini menjelaskan bahwa Rute Angkutan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Fery Indonesia, bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar membuka jalur pelayaran segitiga Pelabuhan Ulee Lheue ke Lamteng (Pulo Nasi) dan Lamteng ke Balohan, Sabang.
Rute tersebut dilayani menggunakan KMP Papuyu, yang merupakan Feri yang selama ini melayani angkutan laut rute Ulee Lhuee-Lamteng, Ulee LHee – Ulee Paya (Pulo Breueh, Kecamatan Pulo Aceh.
“Nantinya, para wisatawan atau pelancong bisa menikmati pesona wisata di Pulo Nasi, yang terintegrasi dengan segitiga pelancongan, Banda Aceh-Pulo Aceh dan Sabang. Atau mereka lebih dulu ke Sabang berlajut ke Pulo Nasi dan kemudian ke Banda Aceh. Sehingga tidak stagnan di satu lokasi, namun berpindah lokasi wisata dengan panorama laut dan alam yang eksotis,” tutur Iswanto, Kamis (18/1/2024).
Dari jadwal yang ada, layanan penyebrangan antara Lamteng-Balohan (PP), terdapat setiap hari. Sementara pelayanan Ulelheue-Lamteng tidak setiap hari, antara lain, Senin, Rabu, Sabtu dan Minggu.
Pelaunchingan Rute Baru KMP Pepuyu tersebut direncanakan dilaksanakan Kamis, 18/1/2024), namun rencana tersebut batal dilaksankaan dikarenakan kondisi cuaca laut yang tidak mendukung, maka akan ditunda untuk sementara waktu.
“Konfirmasi terakhir pelayaran perdana akan ditunda untuk sementara waktu, pihak ASDP akan mengkonfirmasi kembali Pemkab Aceh Besar untuk jadwal pelayaran perdana rute KM Papuyu dari Pelabuhan Lamteng ke Balohan,” demikian ujar Pj Bupati Iswanto.
Rute Ulee Lhee- Ulee Paya Tidak Tercantum dalam Daftar KMP Papuyu 2024
Soal rute KMP Papuyu tahun 2024 tidak tercantum rute penyebrangan KMP Papuyu untuk Rute Ulee Lheue- Ulee Paya, Pulo Breueh Kecamatan Pulo Aceh.
Padahal di tahun sebelumnya, Rute KMP Papuyu tercantum salah satunya adalah rute Ulee Lheue – Ulee Paya, Pulo Breueh.
Terkait dengan tidak adanya Rute pelayanan KMP Papuyu  ke Pulo Breueh (Pelabuhan Ulee Paya/ Seurapong) sebagaimana Rute tahun sebelumnya, hingga berita ini di publis belum mendapat konfirmasi dari Pemkab Aceh Besar maupun pihak ASDP Kementerian Perhubungan RI. (mc04)

Share :

Add New Playlist