KIP Aceh Selatan : Sebanyak 889 Logistik Surat Suara Rusak Setelah dilakukan Sortir Lipat

Foto : Dok Istimewa

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan menyatakan sebanyak 889 lembar surat suara dinyatakan rusat setelah dilakukan sortir lipat.

Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi mengatakan pihaknya telah melakukan penyortiran logistik berupa kertas surat suara pemilu 2024 mulai dari 8 hingga 15 Januari.

“Alhamdulillah, kegiatan sortir lipat hari pertama dan kedua dilaksanakan di Gudang Logistik KIP Aceh Selatan, Gampong Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten setempat,” kata Ketua KIP Aceh Selatan, Selasa.

Selanjutnya, di Hari ketiga hingga kedelapan dilaksanakan di Gedung Agam, Gampong Tepi Air, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan.

“Setelah melakukan penyortiran sebanyak 889 lembar surat suara dinyatakan rusak dari 867,865 lembar surat suara yang di sortir,” kata Kafrawi.

Adapun jenis surat suara yang disortir yakni untuk pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden, pemilihan calon anggota DPD RI, pemilihan calon anggota DPR-RI, pemilihan calon anggota DPR Aceh, dan pemilihan calon anggota DPR Kabupaten Aceh Selatan.

“Jumlah surat suara yang disortir sebanyak 867,865 lembar, untuk yang baik yakni 866,976 lembar surat suara dan 889 lembar surat suara dinyatakan rusak,” kata Kafrawi.

Sementara itu, Kafrawi menjelaskan untuk logistik surat suara yang rusak akan dilakukan pemusnahan dengan melaporkan ke KIP Provinsi Aceh dan akan dikoordinasikan kembali tanggalnya pemusnahannya.

“Untuk kerusakan pada logistik kertas suara seperti percikan tinta dan terpotong, hal itu murni dari pabrik,” kata Ketua KIP Aceh Selatan.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Aceh Selatan, Rizal F mengatakan dalam sortir lipat yang dilaksanakan oleh pelaksana KIP Aceh Selatan, pihaknya melakukan keamanan bersama dengan stackholer terkait yakni Panwaslih dan TNI/Polri.

“Alhamdulillah kegiatan sortir lipat dapat diselesaikan dengan baik, sehingga berjalan lancar dengan saling bekerjasama sama dan sama-sama bekerja,” kata Rizal F.

Share :

Related Posts

Add New Playlist