Peringati Hari HAB ke 78, Ini Pesan Kankemenag Aceh Selatan

Foto: Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Selatan menggelar Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Unggul Aceh Selatan, pada (3/1/2024).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Selatan, Khairul Huda, S.Hi mengatakan Hari ini kita telah memasuki tahun 2024. Setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki makna baru.

“Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari, Artinya,
setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama,” ujar Khairul Huda.

Ia menjelaskan dalam memasuki awal Tahun 2024, seluruh pegawai Kementerian Agama harus memiliki Spirit ganda dalam mewujudkan amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

“Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” jelas Khairul Huda.

Khairul Huda menambahkan setiap institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan.

“Diantara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional, serta tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama,” ucap Khairul Huda.

Sementara itu, kita juga memiliki
tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama, Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan, melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama.

“kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua, penguatan moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat,” kata Khairul Huda.

Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama.

Khairul Huda mengatakan Indonesia Hebat Bersama Umat dengan tema yang diusung pada HAB ke-78 yakni, harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat.

“Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada
seluruh umat beragama,” jelas Khairul Huda.

Pada tahun 2024 ini, kita dihadapkan pada peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum, agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara.

“Saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar, bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan,” kata Khairul Huda.

Sementara, Ketua Panitia H. Dailami Hasmar S.Ag menyampaikan selain peringatan hari HAB, panitia juga melaksanakan Santunan anak yatim keluarga Kankemenag Aceh Selatan sebanyak 23 orang.

“Alhamdulillah kegiatan tersebut juga kita lakukan santunan dan memberikan bungong jaro pada 15 purnabakti Kankemenag Aceh selatan,” ujar H. Dailami Hasmar S.Ag.

Ia juga mengapresiasi KUA dan Madrasah Berprestasi, RA favorit, Siswa siswi berprestasi tingkat nasional dan penyerahan piala aneka gebyar HAB ke 78 yang sudah diselenggarakan beberapa hari yang lalu.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh ASN Kankemenag Aceh Selatan berjumlah 800 ASN, setelah Apel selesai juga dilakukan makan bersama dengan menu kuah belangong,” pungkas H. Dailami Hasmar S.Ag.

Share :

Add New Playlist