Pj Bupati Aceh Selatan Terima Penghargaan Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Foto : Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Jakarta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menerima penghargaan Insentif Fiskal tahun berjalan untuk kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023, di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan waktu kita hanya tersisa satu tahun menuju target nol persen kemiskinan ekstrem tahun 2024, atau lebih cepat enam tahun dari target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, Ia ingin kembali menekankan peran krusial para kepala daerah, yaitu dalam menyusun program dan kegiatan, serta keberpihakan anggaran daerah untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Saya minta agar konsistensi seluruh pimpinan daerah tetap terjaga, utamanya dalam melaksanakan strategi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan berkelanjutan kelompok masyarakat miskin ekstrem, serta penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan,” Kata Wakil Presiden RI.

Selain itu, pemberdayaan masyarakat yang mengedepankan aspek pertumbuhan, keadilan sosial, dan keterjangkauan juga agar menjadi perhatian bersama.

“Berbagai langkah konkret untuk mencapai target penghapusan kemiskinan ekstrem sudah dilaksanakan, di antaranya penajaman sasaran penerima manfaat melalui pengembangan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE),” jelas K.H. Ma’ruf Amin.

Selain itu, juga telah dilakukan konvergensi program dan anggaran dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem, antara lain melalui penyesuaian APBN, APBD, dan juga APBDes.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, tentang Insentif Fiskal kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem Tahun 2023.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Aceh Selatan saya mengucapkan terimakasih, insyaallah Pemkab Aceh Selatan terus berbenah dan tetap mengedepankan aspek pertumbuhan, keadilan sosial, dan keterjangkauan,” Kata Cut Syazalisma.

Pj Bupati Aceh Selatan, juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh Stakeholder terkait yang sudah berupaya menekan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten setempat.

“Alhamdulillah, hari ini Aceh Selatan menerima penghargaan kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023,” Pungkas Cut Syazalisma.

Share :

Add New Playlist