Aceh Selatan Tampilkan Tarian Ambong Pala dalam Tari Kreasi PKA ke 8, Begini Sejarahnya.

Foto : Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menampilkan tarian Ambong Pala dalam event Tari Kreasi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 di Taman Budaya.

Ketua Umum PKA Aceh Selatan, Ilham Sahputra melalui Ketua Harian, Akmal AH, Rabu di Banda Aceh mengatakan dalam event Tari kreasi yang di gelar di taman budaya, Aceh Selatan menampilkan tarian Ambong Pala.

Akmal AH menyampaikan Tarian Ambong Pala merupakan tarian yg menjadikan rempah pala sebagai objek utamanya, yang mana rempah pala merupakan hasil alam yang sangat melimpah di bumi Aceh Selatan.

“Tarian ini teridiri dari tiga latar belakang waktu, yakni masa dahulu, masa sekarang dan masa depan. pada bagian awal, tarian ini memvisualkan kejayaan masa dahulu masyarakan Aceh Selatan dalam memanen rempah pala yang sangat berlimpah,” kata Akmal AH.

Selanjutnya, rempah pala juga merupakan salah satu sumber utama perekonomian masyarakat Aceh Selatan karena pada saat itu harga pala sanggat tinggi dan palanya pun sangat subur.

“Pada masa lalu perekonomian masyarakat sangat meningkat dan kebahagian menyertai kehidupan mereka,” katanya.

Akmal menambahkan semua hal tersebut tidak berlangsung lama dikarenakan tidak tahu kenapa, tiba-tiba pala yang tadinya sangat subur tumbuh di Aceh Selatan mati dengan seketika dan terkena hama.

“Menghadapi keadaan ini masyarakat pun gelisah dan ditambah lagi harga pala yang menurun, dikarenakan dengan keadaan ini perekonian Masyarakat pun jadi melemah,” jelas Akmal AH.

Pohon pala yang tadinya sangat banyak di jumpai seketika tinggal beberapa saja, dan masyarakat Aceh Selatan pun memikirkan untuk menciptakan inovasi pengolahan dari rempah pala.

“Sekarang Pala bisa di olah menjadi minuman dan cemilan untuk memulihkan perekonomian masyarakat dan setelah berinovasi dengan rempah pala,” katanya.

Akmal AH mengatakan dari Inovasi tersebut terciptalah minuman yang mangandung banyak kasiat untuk Kesehatan yaitu minuman BERPALA yang mana pada minuman itu terdapat ektrak buah pala yang di olah dengan cara di vermentasikan dan jadilah sebuah minuman.

“Dari minuman ini masyarakat berharap agar perekonomian mereka Kembali pulih dan di masa depan minuman BERPALA ini bisa dikenal Masyarakat luas yang berasal dari Aceh Selatan,” kata Akmal AH.

Seperti yang diketahui, kata Akmal Rempah pala merupakan komoditi unggulan hasil alam yang sangat melimpah di negeri selatan.

Hal tersebut terlihat dari gambaran suasana tiga masa dengam kelincahan gerak yang memvisualkan kejayaan akan masa lalu masyarakat Aceh Selatan dalam memanen rempah pala yang sangat subur dan berlimpah.

Share :

Add New Playlist