Kunjungi Anjungan Aceh Selatan, Ini Kesan Guru Besar University of Singapore

Foto : Dok. Istimewa

SALINDIA.ID –┬áBanda Aceh, Tampil dalam Event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8, Anjungan Aceh Selatan menjadi tujuan utama para pengunjung, mulai dari Aceh, Sumatera hingga Warga Negara Asing (WNA).

Prof. Sher Benu A.L KHAN. PhD, Associate Professor Deputi Head, Nasional University of Singapore (NUS) menyampaikan kesan yang luar biasa saat mengunjungi Anjungan Kabupaten penghasil rempah di Provinsi Aceh tersebut.

Prof. Sher Benu A.L KHAN. PhD langsung mengabadikan moment ketika sampai di Anjungan Aceh Selatan. Dia sangat terkesan dengan apa yang ditampilkan mulai dari rempah-rempah, budaya hingga dokumen historis tentang Aceh Selatan.

“Hari ini saya dapat melihat rumah yang bagus ini dan merasa bahagia bisa mengetahui banyak terkait Aceh Selatan,” ujarnya.

Foto : Dok. Istimewa

Selain itu, Dia berpesan agar Kabupaten Aceh Selatan terus meningkatkan produksi rempah-rempahnya baik itu lada, pala maupun yang lain.

Prof. Sher Benu A.L KHAN. PhD menyampaikan pada Tahun 1566 Aceh pernah menjadi Terminal rempah dunia dan salah satu bandar pada masa itu yakni lewat Bandar Trumon Kabupaten Aceh Selatan.

“Kita mengenal Aceh sebagai pengekspor rempah dunia, yakni Lada sebagai primadona dan kekuatan ekonomi,” ujarnya.

Ia menjelaskan jalur rempah dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap keuangan Aceh khususnya Aceh Selatan, karena lembaga pertaniannya sangat kuat. Namun dalam hal ini Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, harus melibatkan stackholder terkait.

“Saya berharap agar Aceh Selatan dapat mempertahankan gelar juara umum pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 ini yang mengusung tema Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia,” Pungkas Prof. Sher Benu A.L KHAN. PhD.

Share :

Related Posts

Add New Playlist