Satgas Pamwal Capres- Cawapres Pemilu Damai Siap Bertugas

Pelatihan pra operasi Satgas pengamanan dan pengawalan capres-cawapres dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 Pemilu Damai di Lapangan Satlat Brimob, Cikeas, Bogor, Jumat (3/11/2023)/Foto: Dok. NTMC Polri.

SALINDIA.ID – Jakarta, Satgas pengamanan dan pengawalan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 Pemilu Damai, melakukan uji kesiapan dengan peragaan skema antisipasi menghadapi kendala maupun ancaman penyerangan selama proses tahapan Pemilu 2024 mulai dari kampanye hingga pelantikan presiden dan wapres terpilih.

Satgas pengamanan dan pengawalan capres-cawapres dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 Pemilu Damai pun telah siap bertugas.

Hal ini diungkapkan Kasatgas PAM Capres-cawapres operasi mantap Brata 2023-2024, Brigjen Pol Suhendri dikutip dari keterangan resminya, Jumat (3/11/2023).

“Mereka sudah kita bekali dengan ilmu pengetahuan baik itu terkait dengan peraturan perundang-undangan oleh KPU, Bawaslu, kemudian kita bekali dengan perkiraan intelijen tentang situasi keamanan menjelang sampai pelaksanaan sampai pascapelaksanaan pemilu 2023-2024 ini,” kata Brigjen Pol Suhendri.

Suhendri menerangkan satgas pengamanan dan pengawalan pasangan capres-cawapres melibatkan 444 personel gabungan satker Polri yang akan terbagi menjadi 12 tim.

Menurut dia, setiap pasangan calon (paslon) capres-cawapres akan dikawal oleh dua tim secara bergantian. Dalam satu tim Satgas Pamwal diisi 37 personel yang bertugas dalam pengawalan Lalu Lintas, pengawalan pribadi, pengamanan kejahatan, dan dokpol.

“Penugasan selama 222 hari dimulai tanggal 13 November setelah penetapan nomor urut Paslon Capres-cawapres oleh KPU. Hari itu mulai aktif melakukan pengamanan capres-cawapres,” ujar Suhendri yang juga menjabat sebagai Dirpamobvit Korps Sabhara Baharkam Polri.

Suhendri berharap satgas yang bertugas dapat bekerja secara profesional dan menjaga netralitas dalam tugasnya sehingga rangkaian pengamanan capres-cawapres ini bisa berhasil dengan baik aman, tertib, lancar, hingga nanti pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024.

Ia memastikan bahwa seluruh satuan kerja fungsi yang bertugas menjadi satgas pengawalan dan pengamanan telah dibekali skill ilmu tingkat lanjut advance.

Pelatihan pra operasi pun telah digelar sejak 30 Oktober sampai dengan 3 November 2023 di Lapangan Satlat Brimob, Cikeas, Bogor.

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Bagikan:

Related Posts

Add New Playlist