Aceh Selatan Matangkan Persiapan, Jelang Pembukaan PKA ke 8

Foto : Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke – 8 secara resmi akan dibuka Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia (RI), Muhajir Efendy di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh pada Sabtu (4/11/2023) pukul 19:00 WIB.

Pantauan Salindia.id di Anjungan PKA Aceh Selatan berbagai persiapan terus dimatangkan oleh panita PKA – 8 bersama masyarakat Aceh Selatan baik yang berdomisili di Banda Aceh, Aceh Besar maupun dari Aceh Selatan.

Ketua Umum PKA – 8 Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP melalui ketua harian, Akmal AH, mengatakan menjelang pembukaan Panitia terus menyelesaikan berbagai persiapan penting dalam rangka menyukseskan PKA-8 di Anjungan Aceh Selatan.

Foto : Dok. Istimewa

“Persiapan kita sudah mencapai 98 persen dan terus kita rampungkan bersama panitia dan masyarakat Aceh Selatan,” ujarnya.

Akmal melanjutkan, pada PKA – 8 Aceh Kontingen Aceh Selatan siap memenangkan perhelatan budaya Aceh yang bertema Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia, disamping itu Aceh Selatan akan membuktikan keterlibatan langsung Aceh Selatan dalam jalur rempah di masa lalu.

“Rempah Aceh Selatan memiliki peran penting dalam perdagangan dunia di masalalu, di masa kini rempah Aceh Selatan juga terbukti sebagai pendukung kesejahteraan ekonomi masyarakat Aceh Selatan, seperti pala, nilam, cengkeh, kapulaga, biji kopi dan lain sebagainya,” kata Akmal.

Akmal juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua pihak yang telah mendukung persiapan kontingen dan anjungan PKA Aceh Selatan.

Foto : Dok. Istimewa

“Dengan kerja sama semua pihak, kami yakin kontingen Aceh Selatan kembali dapat memeriahkan dan mempertahankan juara umum pada PKA ke – 8,” kata Akmal AH.

Sementara itu, Aceh Selatan sendiri memiliki sejarah kental degan jalur rempah dunia dimasalalu, saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan terus menggali potensi rempah dan turunannya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui berbagai produk olahan yang dikembangkan industri dan UMKM di Aceh Selatan.

“Tema yang diusung Pekan Kebudayaan Aceh ke 8 kali ini sangat berkaitan dengan Aceh Selatan yakni terkait Rempah, mulai dari masa lalu, saat ini hingga kedepannya mengingat Aceh Selatan menjadi penghasilan rempah,” tutup Akmal AH.

Share :

Related Posts

Add New Playlist