Peringatan Hari Santri Nasional di Aceh Khitmat

Para Santri mengikuti Apel Hari Santri Nasional di lapangan bola kaki Meurahdua, Pidie Jaya, Minggu (22/10). FOTO MC

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Sejumlah daerah di Aceh melaksanakan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023. Minggu (22/10/2023).

Salah satunya Kabupaten Pidie Jaya yang di pusatkan di di lapangan bola Desa Meunasah Bie, Kecamatan Meurahdua.

Kegiatan upacara peringatan HSN diikuti sekitar 600 orang peserta. Bertindak sebagai inspektur (pembina upacara), Dr Tgk Mahdir Muhammad MA, sementara komandan upacara adalah Tgk Nazril.

Pimpinan Dayah Sirajul Huda Al-Aziziyah Blang Awe Meureudu, Tgk Ikhwani M Daud Syah MA mengatakan, peserta yang mengikuti apel, selain para santri dari sejumlah dayah dan pesantren juga ikut serta para Pengurus Cabang Nakhdatul Ulama (PCNU), Pengurus Pemuda Ansor serta beberapa organisasi atau lembaga keagamaan lainnya yang ada di kabupaten tersebut.

Tema yang diusung kali ini, sebut Tgk Ikhwani yang juga Ketua Tanfiziyah PCNU Pidie Jaya adalah ‘Jihat Santri Jayakan Negeri’ Hari Santri menggambarkan semangat dan dedikasi para santri yang menjadi inspirasi membawa kebahagiaan, kedamaian, kesucian, cinta dan rahmat Allah yang tiada batas.

‚ÄúSehari sebelumnya atau Sabtu (21/10) malam dilaksanakan zikir di semua dayah,” sebut Tgk Ikhwani.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Tgk Mahdir, Pembantu Ketua II STIS Ummul Aiman Meurahdua yang juga Dosen Ilmu Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga antara lain disebutkan bahwa, Hari Santri mengingatkan kita kepada peran besar para santri dan kiyai serta ulama-ulama pendahulu dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dari serangan penjajah.

Cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Karenanya, peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 patut menjadi bahan renungan untuk mengajak kita meneladani semangat para santri terdahulu yang telah berjuang sepenuh hati.

Pada masa kemerdekaan seperti sekarang ini, peran kaum santri termasuk para intelektrual pesantren masih sangat dibutuhkan untuk memajukan Bangsa Indonesia.

Amatan Rakyat Aceh, Apel Hari Santri di lapangan bola kaki yang hanya terpaut beberapa ratus meter dari Ummul Aiman II dan III berjalan tertib dan lancar.

Pada kesempatan tersebut panitia juga menyerahkan piagam penghargaan kepada peraih juara pembacaan puisi memperingati Hari Santri. Piagam diserahkan Tgk Ikhwani M Daud Syah, Ketua Tanfiziah PCNU setempat.(MC 05)

 

Share :

Related Posts

Add New Playlist