651 Siswa Ikut Kegiatan Damasquss di Dayah Darul Quran Aceh

Ketua Nazir Yayasan Wakaf Haroen Aly Tgk H Irawan Abdullah, S.Ag saat membuka kegiatan Darul Quran Aceh Musabaqah Qur’an, Science, and Sport (Damasquss) II Tahun 2023. FOTO MC

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Sebanyak 651 siswa tingkat SD, SMP dan SMA dari berbagai Kabupaten/Kota di Aceh ikut serta dalam kegiatan Darul Quran Aceh Musabaqah Qur’an, Science, and Sport (Damasquss) II Tahun 2023.

kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 20-22 Oktober 2023 di komplek Dayah Darul Quran Aceh (DQA), Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan sains dan olahraga tersebut dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua Nazir Yayasan Wakaf Haroen Aly yang juga Anggota Komisi I DPR Aceh, Tgk H Irawan Abdullah, S.Ag. Turut didampingi oleh Direktur Dayah DQA, Ustaz Hajarul Akbar, MA, pengurus yayasan, pimpinan lembaga dan Forkompimda Kecamatan Kuta Malaka.

Tgk Irawan Abdullah dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang menumbuh kembangkan kreatifitas para santri dan juga sebagai momen dalam perayaan Hari Santri Nasional.

“Santri mempunyai peran yang begitu besar dalam proses kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga para santri memiliki peran yang sangat penting dalam melanjutkan pembagunan dan kepemimpinan bangsa ini, maka banggalah menjadi seorang santri,” kata Tgk Irawan, Jumat (20/10/2023).

Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar, menyambut baik dan memberikan aprsiasi sebesar-besarnya kepada dewan guru dan panitia atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan hajatan tersebut.

“Alhamdulillah, Damasquss Kedua tahun 2023 ini kembali kita gelar. Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan maksimal sehingga akan melahirkan sang juara yang sesungguhnya. Dan tak lupa pula kami haturkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan acara ini,” kata Ustaz Hajarul Akbar.

Sementara itu Panitia Pelaksana, Ustaz Fandi Rayyana, S.Pd menjelaskan even Damasquss II ini mempertandingkan berbagai jenis perlombaan. Diantaranya untuk tingkat SD sederajat dilaksanakan lomba Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Juz 30, tartil alquran dan pidato bahasa Indonesia.

Selanjutnya di tingkat SMP sederajat lomba MHQ 3 Juz, tilawah, pidato bahasa Indonesia, cerdas cermat, olimpiade IPA, khaligrafi, tenis meja dan badminton.

“Sedangkan tingkat SMA sederajat diperlombakan cerdas cermat, MHQ 5 Juz, nasyid acapela dan futsal. Adapun untuk cabang lomba umum yaitu fotografi dan desain poster,” pungkas Ustaz Fandi Rayyana.

Acara tersebut dimulai dengan pembukaan ayat suci Al-Qur’an dan selawat badar oleh Najib Haidar serta diakhiri dengan penampilan tarian likok pulo oleh Sanggar Seni Shidqa. (MC 05)

Share :

Add New Playlist