Irdam IM Resmi Tutup TMMD ke 118 Kodim 0107 Aceh Selatan

Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) resmi ditutup oleh Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna SIP., MM., di lapangan Bola Kaki Gampong Paya Dapur, pada Kamis (19/10/2023).

Pangdam IM Mayjen TNI  Novi Helmy Prasetya, SIP., MIP., yang diwakili Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna SIP., MM., mengatakan bahwa TMMD adalah salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, Polri, kementerian dan lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan, pulau- terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana,” ujar Brigjen TNI Ayi Supriatna SIP., MM.

Sebelumnya selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-118 secara resmi dibuka pada (20/9/2023) yang lalu, para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna menyelesaikan program tmmd ke-118 ini.

TNI Manunggal Membangun Desa yang diprogramkan dan telah dilaksanakan bertujuan membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik.

Foto : Istimewa

“Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna mendukung pembangunan nasional di bidang pertahanan negara,” kata Irdam IM.

Ia menambahkan sejalan dengan tema TMMD kali ini, yakni Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat Gotong-Royong untuk membangun daerah masing-masing, sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita,” Paparnya.

Selain itu, Ia menjelaskan Kemajuan Teknologi serta tantangan bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya.

Hal ini dapat dimulai dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten/Kota. kita sebagai anak bangsa dan bagian dari masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerjasama.

“Ingatlah bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah,” ucap Irdam IM.

Irdam IM menyampaikan dengan telah berakhirnya TMMD ke-118 ini, saya berpesan kepada kita semua, khususnya kepada Anggota Satgas TMMD serta masyarakat agar terus menjaga kebersamaan sekaligus kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat guna mengembangkan potensi daerah kita masing- menjadi lebih maju, sehingga kita dapat bersaing dengan wilayah lainnya.

“Saya selaku Penanggungjawab keberhasilan operasi (PKO) TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” Pungkasnya.

Turut hadir, Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna dan Pamen ahli Pamgdam IM Kolonel Inf. Febi H.I.B, Pj. Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP, Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Inf.Faiq Fahmi, Wakapolres Aceh Selatan, Kompol Izwar, Kajari Aceh Selatan Heru Anggoro , Ketua DPRK Aceh Selatan Amiruddin, SKPK, unsur Forkopimcam, masyarakat dan sasaran penerima manfaat.

Share :

Related Posts

Add New Playlist