Tiga SMA di Aceh Utara Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

PENGHARGAAN. Tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Aceh Utara, raih penghargaan Adiwiyata Nasional. Pemberian penghargaan ini, sekolah mendukung gerakan peduli dan berbudaya lingkungan. (mc aceh)

SALINDIA.ID – Lhoksukon, Tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Aceh Utara, raih penghargaan Adiwiyata Nasional. Pemberian penghargaan ini, sekolah mendukung gerakan peduli dan berbudaya lingkungan.

Tiga SMA dimaksud adalah SMA Negeri 1 Muara Batu, SMA Negeri 1 Dewantara dan SMA Negeri 1 Lhoksukon dan diundang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk hadir menerima Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2023 pada tanggal 16-17 Oktober 2023 di auditorium Gedung Mangala Wanabakti KLHK.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), T Cut Ibrahim SE MSi mengatakan, penyerahan penghargaan itu berlangsung 16 hingga 17 Oktober di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ketiga sekolah itu, sebelumnya telah mengikuti proses penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yakni penilaian calon Sekolah Adiwiyata Mandiri (CSM) dan Calon Sekolah Adiwiyata Nasional (CASN),” katanya, Selasa (17/10/2023).

Sehingga, kata Teuku Cut Ibrahim, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.1061/MENLHK/P2SDM/SDM.2/10/2023, ditetapkan 417 sekolah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional.

Pada momen penyerahan penghargaan ini, KLHK turut mengundang Kepala DLHK Aceh Utara, Kepala DLHK Aceh dan Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan PRLH Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) dan itu merupakan sikap dan tindakan warga sekolah dalam menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup terhadap 6 aspek.

“Yaitu kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon/tanana, konservasi air, konservasi energy dan inovasi terkait penerapan PRLH bersasarkan identifikasi masalah lingkungan hidup di sekolah/daerah/global,” ujarnya lagi.

Kegiatan seremonial penyerahan penghargaan kegiatan penyerahan penghargaan Adiwiyata Tahun 2023 diikuti oleh peserta seluruh Indonesia secara langsung, melalui kegiatan pameran dan coaching clinic, talkshow dan penerimaan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2023.

Teukeu Cut Ibrahim berharap, dengan adanya penghargaan terhadap 3 SMA tersebut dapat bermanfaat dan semua pihak memberikan dukungan dan bantuan semua pihak meningkatkan literasi penerapan perilaku ramah lingkungan yang lebih baik serta semoga semakin banyak sekolah adiwiyata di Kabupaten Aceh Utara. (mc06)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist