Sambut Field Indonesia, Ini Pesan Pj Bupati Aceh Selatan

Foto : Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, Field Indonesia melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan di ruang kerja Bupati, pada selasa (17/10/2023).

Direktur FIELD Indonesia, Heru Setyoko didampingi Public Relations Officer FIELD Indonesia, Puji Sutrisno Koordinator FIELD Aceh, Marzuki, mengelar silaturahmi dan koordinasi dengan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP yang didampingi Kadis DLH Aceh Selatan, Ir. Teuku Masrizar, S. Hut, M.Si

“Kunjungan tersebut bermaksud untuk melakukan silaturahmi dan mengkoordinasikan program udara bersih Indonesia yang saat ini dilaksanakan di Aceh Selatan,” ujar Direktur FIELD Indonesia, Heru Setyoko.

Heru memaparkan bahwa progam udara bersih ini merupakan kegiatan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penurunan angka kebakaran di Indonesia, program ini juga memperkenalkan praktik-praktik pertanian udara bersih yang alami dan ramah lingkungan di hadapan Pj Bupati Aceh Selatan.

“Kegiatan pertanian udara bersih ini juga mendorong masyarakat (petani) untuk melakukan kegiatan pertanian dengan cara alami,” ucapnya.

Direktur FIELD menjelaskan program udara bersih juga memanfatkan sisa-sisa tanaman sebagai penutup tanah (mulsa alami) yang berfungsi sebagai kompos alami serta mengembalikan kesuburan tanah.

“Kegiatan ini juga mendorong petani untuk tidak menggunakan bahan-bahan kimia pada tanah dan tanaman sehingga kesehatan masyarakat lebih terjamin,” urainya kepada Pj Bupati Aceh Selatan.

Penjabat Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan dirinya menyambut baik kehadiran direktur FIELD Indonesia dari Jakarta yang telah meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan pemerintah Aceh Selatan dalam pelaksanaan kegiatan program yang baik ini.

Menurutnya program udara bersih ini sangat relevan dan cocok untuk diadopsi oleh para petani dalam rangka menjaga kelestarian alam, menghindari kebakaran lahan dan polusi udara.

“Progam ini juga sangat baik dimana penerapannya dilakukan secara alami dgn memanfaatkan bahan-bahan alami untuk meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman serta meningkatkan hasil panen serta menjamin kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat secara berkelanjutan,” Jelasnya.

Cut Syazalisma melanjutkan Pemerintah Aceh Selatan sangat mendukung program udara bersih ini dilakukan di Aceh Selatan. Ia berharap program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dalam membantu menjawab persoalan-persoalan mendasar di petani.

“Kita berharap agar program ini dapat bersinergi dengan program pemerintah Aceh Selatan dan terjalin kerjasama yang baik,” harapnya.

Direktur FIELD Indonesia juga mendapatkan kesempatan menghadiri podcast di podcast bumi pala pada Dinas Lingkungan Hidup Aceh Selatan yang dipandu langsung oleh oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Teuku Masrizar, S. Hut, M. Si dalam rangka membahas seputar program udara bersih.

Share :

Related Posts

Add New Playlist