Pemerintah Aceh Dorong Pengembangan Kemampuan Siswa

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Aceh, Asbaruddin, saat membuka kegiatan Aksara IV yang di SMA Negeri 4 Banda Aceh. FOTO MC

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Seluruh sekolah diminta untuk membuka ruang luas bagi siswa dalam mengembangkan kreativitas bidang akademik.

Dengan begitu, dapat mewujudkan nilai persatuan dan mengimplementasikan profil pelajar Pancasila seperti yang tertuang dalam kurikulum merdeka. Permintaan tersebut disampaikan Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Asbaruddin, Jumat (13/10/2023).

Untuk itu, dirinya menyambut baik kegiatan Aksara yang menjadi agenda tahunan SMA Negeri 4 Banda Aceh. Karena kegiatan tersebut terbukti mampu mengasah kemampuan siswa. Acara ini menjawab tantangan dalam pembinaan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah agar mereka, para pelajar, dapat bersaing secara global.

“Aksara merupakan agenda tahunan SMA Negeri 4 Banda Aceh. Sebelumnya, acara ini dinamai Peusapat. Ini adalah akronim dari Pentas Seni Anak Smanpat. Aksara yang digelar tahun ini tidak jauh beda dengan kegiatan sebelumnya. Acara ini juga diikuti pelajar jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kota Banda Aceh dan Aceh Besar,” ujarnya.

Asbaruddin mengatakan Dinas Pendidikan Aceh berupaya untuk menpersiapkan kualitas manusia Aceh berlandaskan iman dan takwa serta berakhlak mulia.

Acara ini juga menjadi motivasi peserta didik untuk menggali kemampuan, menyalurkan bakat dan minat, serta berkreativitas lebih baik dalam bidang akademik, olahraga, keagamaan, seni serta dapat meningkatkan rasa solidaritas dan mampu bersaing secara sehat dan sportif.

“Melalui kegiatan ini pula seluruh peserta diharapkan mampu menguatkan karakter dan kepribadiannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, santun, ramah, tegas dan berbudi pekerti agar terlahir talenta yang berprestasi,” kata Asbaruddin.

Asbaruddin mengatakan Dinas Pendidikan Aceh akan memberikan penghargaan kepada siswa yang dapat dijadikan modal untuk menempuh pendidikan di jenjang lebih tinggi. Karena itu dia meminta dewan juri untuk selalu bersikap adil dan objektif dalam menentukan juara pada kegiatan ini.

Kepala SMA Negeri 4 Banda Aceh, Muzakkir, berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan. Muzakkir mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah mengekspresikan talenta peserta serta dapat membentuk karakter tangguh.

Muzakkir menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antarpeserta, selain itu sebagai wadah dalam meningkatkan bakat dan kreativitas peserta didik di bidang akademik maupun non-akademik.

Dia juga yakin hal ini membentuk generasi muda yang berdedikasi tinggi dengan segenap kemampuan dan keterampilan di bidang akademik dan non akademik.

“Kepada para peserta yang merupakan duta masing-masing sekolah, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mengejar prestasi terbaiknya. Tunjukkan semangat sportivitas dan jadilah yang terbaik di antara yang baik,” kata Muzakkir.

Aksara IV ini berlangsung 12 hingga 15 Oktober. Acara dipusatkan di halaman SMAN 4 Banda Aceh dan diikuti sejumlah peserta jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. (MC 05)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist