Pemilihan Kepala Desa Serentak Sukses di Aceh

Masyarakat sedang memberikan hak pilihnya pada pemilihan kepala desa di Aceh Besar, Selasa (10/10/2023). FOTO MC

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Sejumlah daerah di Aceh melakukan Pemilihan Keuchiek (kepala desa) langsung serentak (Pilchiksungtak), Selasa (10/10/2023).

Dua daerah diantaranya adalah Aceh Besar dan Kota Banda Aceh, pesta demokrasi di level pemerintahan terkecik tersebut berlangsung lancar.

Di Kabupaten Aceh Besar misalnya, pemilihan dilaksanakan di 113 desa, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP bersama unsur Forkopimda Aceh Besar, meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara.

Muhammad Iswanto mengatakan, pesta demokrasi tersebut berjalan dengan lancar dan aman. Apalagi Pilchiksungtak tahun 2023 merupakan pelaksanaan pemilihan serentak yang ke-4 di Kabupaten Aceh Besar, dan dilaksanakan di 113 Gampong. “Yang sebenarnya, di Aceh Besar direncanakan 114 Gampong. Tapi, ada satu gampong yang mengalami kendala teknis. Maka, pada hari ini dilaksanakan secara serentak di 113 Gampong,” katanya.

Untuk itu, ia berharap pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar. Karena nanti, siapapun yang terpilih berarti itulah yang dipercayakan oleh masyarakat dan harus mampu menjalankan tugas sebagai keuchik walaupun tugasnya berat.

Ketika ditunjuk sebagai Pj Bupati Aceh Besar pada satu tahun lalu, Iswanto menyadari tugasnya sangat berat, apalagi angka stunting di Aceh Besar berada di peringkat satu di Provinsi Aceh.

“Tapi, hari ini angka stunting Aceh Besar turun dratis pada peringkat 12 Aceh, ini semua berkat kerja keras dari semua unsur Forkopimda, Keuchik, perangkat gampong. Jadi, kami berharap kepada Keuchik yang baru terpilih harus berperan aktif, menurunkan kemiskinan ekstrim, pencegahan stunting dan berbagai program pemerintah lainnya,” pintanya

Lebih lanjut, Pj Bupati Iswanto menambahkan, apabila ada kendala atau masalah dalam pelaksanaan Pilchiksungtak, seperti pengancaman atau sebagainya, tolong dilaporkan langsung kepada pihak berwajib dan pemantau.

“Dan InsyaAllah, kita di Aceh Besar juga sedang mempersiapkan untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu pada tahun 2024 nanti,” pungkas Muhammad Iswanto. (MC 05)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist