Dandim Aceh Selatan Resmi Membuka Kejurkab Pencak Silat

Foto : Dok. Istimewa

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, Dandim Aceh Selatan menggelar Kejurkab Pencak Silat piala dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 78 Dandim 0107 Aceh Selatan di Gedung Rumah Agam Tapaktuan, Aceh Selatan, Pada Jumat (6/10/2023).

Dandim 0107 Aceh Selatan, FotoLetkol INF Faiq Fahmi sangat berterimakasih kepada Ikatan Pecak Silat Indonesia Kabupaten Aceh Selatan selaku panitia yang telah menyelenggarakan kejuaraan pencak silat piala dandim 0107.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun TNI ke 78 Tahun 2023, sebanyak 215 peserta yang diikuti oleh empat Kabupaten/Kota” Ujar Letkol INF Faiq Fahmi.

Dandim Aceh Selatan menjelaskan kejuaraan ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan atlet di wilayah teritorial kodim 0107/aceh selatan khususnya pencak silat yang bertujuan untuk mencari dan menciptakan bibit handal dari pesilat yang ada di aceh selatan khususnya.

“Disamping itu, tujuan dari kejuaraan pencak silat ini juga, adalah mempererat tali persaudaraan sesama perguruan, rasa kesetiakawanan sesama anggota pencak silat,” Kata Letkol INF Faiq Fahmi.

Menurut Ia kegiatan ini bertujuan untuk menghindarkan generasi muda dari bahaya narkoba dan sejenisnya dengan kegiatan positif, serta untuk mempersiapkan para atlet untuk dapat mengikuti ajang yang lebih tinggi.

Dandim Aceh Selatan menambahkan bahwa pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya bangsa yang mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak genarasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani.

“Saat ini pencak silat bukan saja dipelajari oleh bangsa indonesia tapi sudah sampai ke belahan bumi lain seperti dataran eropa,” Jelas Faiq Fahmi.

Selain itu, terlepas dari bentuk dan jenisnya, yang jelas manfaat dari ilmu bela diri ini adalah gerak dan tindakan seseorang menjadi mantap dan percaya diri.

“Pencak silat sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik tapi juga mental bahkan spiritual,” Terangnya.

Sementara itu, didalam pencak silat seorang anak dilatih untuk adu tanding/sambung, jurus, senam masal, daya tahan/fisik bahkan tidak hanya itu, seorang anak juga akan dilatih tentang kepemimpinan dan spiritual.

“Saya menghimbau dan mengajak seluruh atlet pencak silat binaan kodim 0107/aceh selatan untuk secara aktif bersama sama berlatih dengan serius agar mendapatkan hasil yang maksimal,” Kata Faiq Fahmi.

Harapannya agar gelaran event ini bisa berjalan aman, tertib, lancar dan bisa menghasilkan atlet-atlet pencak silat muda terbaik yang akan membawa nama kabupaten aceh selatan di ajang selanjutnya sampai provinsi bahkan nasional.

“Selamat bertanding dan jagalah sportifitas, menang dan kalah itu biasa dalam sebuah pertandingan,” Pungkasnya.

Share :

Related Posts

Add New Playlist