Keberadaan SISPARNAS Harus Didukung Masyarakat

Foto : Dok.Istimewa

SALINDIA.ID – Bireuen, Ketua Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Syariah, Aulia Fitri SKom MM menjadi narasumber pada workshop dengan tema, “Pemahaman Indikator dan Pengisian Data Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif” yang berlangsung, Senin (25/9/2023), di Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh.

Keberadaan sistem informasi kepariwisataan nasional (SISPARNAS) menurut dosen tetap dari Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh ini, begitu penting dalam rangka meningkatkan potensi daerah dan mengangkat keunikan 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh.

“Keberadaan SISPARNAS ini harus didukung penuh oleh masyarakat, mengingat ada banyak potensi dan keunikan daerah yang bisa diangkat pada tingkat nasional, sehingga nantinya bisa berdampak pariwisata bagi perekonomian masyarakat setempat,” sebut Aulia didepan puluhan peserta yang juga surveyor yang akan turun ke sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

SISPARNAS sendiri merupakan basisdata yang dirancang oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang pastinya didukung oleh dinas pariwisata yang ada di setiap provinsi.

“Tim surveyor yang turun ke daerah harus terlibat penuh, tidak hanya sebatas mengisi form dan check list, tapi juga terlibat aktif dengan orang atau objek yang disurvei untuk menggali sebanyak mungkin keunikan daerah yang belum terangkat selama ini,” kata dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi Manajemen tersebut.

Keunikan yang terangkat ini, tambah Aulia, jika data tersebut sudah bisa diakses publik atau wisatawan tentunya masyarakat dan pelaku ekraf daerah juga harus siap dengan produk, barang, dan jasa yang bisa diberikan kepada pengunjung.

“Dengan adanya nilai tambah tersebut, maka semangat wirausaha dan industri kreatif daerah secara langsung juga akan bermunculan dan secara tidak langsung ekonomi masyarakat juga akan terbantu,” sebut Aulia. (MC 05)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist