Siti Aminah Terpilih sebagai Pustakawan Berprestasi Kemenag Aceh

Foto : Dok/Istimewa

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Pustakawan Madrasah Aliyah Darul Ulum Banda Aceh, Siti Aminah terpilih sebagai juara pertama dalam pemilihan pustakawan berprestasi terbaik provinsi Aceh dalam Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah berprestasi tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Agama Provinsi Aceh pada malam penganugerahan GTK Madrasah berprestasi, Jumat (22/9/2023) malam di Hotel Oasis, Banda Aceh.

Lulusan Magister Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Central China Normal University (CCNU), Wuhan, China ini berhasil meraih juara pertama, setelah unggul dari dua finalis lainnya, yakni Husnidar dari MAN 1 Aceh Barat Daya dan Rahmawati dari MAN 4 Aceh Besar.

Berdasarkan keterangan dari Siti Aminah, untuk sampai babak grand final, panitia melakukan seleksi administrasi berdasarkan dokumen pendaftaran. Setelah itu, dilakukan penilaian terhadap portofolio, karya tulis ilmiah, karya inovasi dan tulisan feature. Dari proses itu, terpilih tiga nominator yang masuk final.

Alhamdulillah, setelah melewati serangkaian tahapan dan penilaian pertama akhirnya saya masuk nominasi tiga besar dan berhak mewakili Kemenag Kota Banda Aceh pada Grand Final Anugerah GTK Madrasah Berprestasi Tahun 2023 di Hotel Oasis, Banda Aceh pada 21-22 September 2023,”ujar Siti Aminah dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/9) di Banda Aceh.

Sementara itu, dilansir dari laman Kemenag Aceh, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Drs Azhari mengatakan, selain untuk mengapresiasi para guru dan tenaga kependidikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dalam mengajar siswa didik di madrasah.

Dengan adanya kegiatan ini, Azhari berharap adanya peningkatan mutu pendidikan yang mampu bersaing di tingkat regional dan nasional.

“Madrasah berprestasi ini dilaksanakan sebagai perwujudan dari guru yang memegang peran penting dalam proses belajar mengajar. Di pundaknya terpikul tanggung jawab utama keefektitan seluruh usaha kependidikan dalam rangka membentuk manusia yang terampil dan berbudi luhur,” ujarnya.

Atas percapaian tersebut, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Aceh, Nazaruddin juga mengapresiasi atas pencapaian yang berhasil diraih oleh para pengelola perpustakaan Madrasah di Aceh.

Menurutnya, pelaksanaan pemilihan pustakawan berprestasi terbaik provinsi Aceh dalam Anugerah GTK Madrasah berprestasi tahun 2023 diharapkan dapat memotivasi alumni Ilmu Perpustakaan dan Pustakawan Aceh untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya.

“Tentunya percapaian dan pemilihan pustakawan berprestasi akan meningkatkan citra profesi pustakawan dimasyarakat dan pengguna alumni yang dapat dibanggakan,” ungkap Nazaruddin. (Mc04)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist