Ekosistem Startup Jadi Lokomotif Penggerak Ekonomi Digital Nasional

Foto: Humas Kominfo

SALINDIA.ID – Jakarta, Ekosistem perusahaan rintisan (startup) digital dinilai menjadi salah satu lokomotif penggerak untuk memajukan ekonomi digital nasional, yang ditandai dengan kelahiran ribuan startup sebagai inovasi anak bangsa dalam beberapa tahun terakhir.

Demikian dikatakan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, dalam keterangannya terkait HUB.ID Accelerator Partner Day x Next Billion Ecosystem (Nex-BE) Fest 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, pada Rabu (13/9/2023).

“Setidaknya ada 2.511 perusahaan rintisan digital di Indonesia dan dengan angka itu kita menduduki peringkat keenam negara-negara dengan startup terbanyak di dunia berdasarkan Startup Ranking yang dikeluarkan pada 2023,” kata Nezar Patria.

Wamen Nezar mengatakan, untuk mendorong ekonomi digital, Kementerian Kominfo telah menyelenggarakan program HUB.ID selama tiga tahun berturut-turut sejak 2021.

Pada tahun ini, HUB.iD mengusung tema Fostering Synergy Networks for Stronger Economic Growth atau Membina Jaringan Sinergi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Lebih Kuat

“Tema ini kita ambil untuk mendorong sinergi dalam pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, khususnya melalui penguatan sektor ekosistem perusahaan rintisan atau startup digital yang terus tumbuh di tanah air kita,” ujarnya.

Menurut Wamenkominfo. kegiatan yang mempertemukan pelaku startup dan investor itu merupakan kolaborasi antara Kementerian Kominfo dengan Kementerian BUMN melalui Telkom Group dan MDI Ventures.

Selain itu, HUB.ID tahun ini juga bersinergi dengan Next Billion Ecosystem Fest 2023 (Nex-BE Fest).

“Dalam dua hari (Kegiatan HUB ID x Nex-BE Fest) setidaknya ada dialog dan kerjasama yang terjalin antara 80 startup digital dengan 80 mitra bisnis yang masing-masing terjaring dalam portofolio HUB.ID Accelerator dan Nex-BE Fest,” jelas Wamen Nezar.

Lebih lanjut Wamenkominfo mengatrakan, kolaborasi lintas sektor tersebut akan terus diperkuat guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi melalui ekosistem startup digital.

“Kita yakin kalau ekosistemnya kita perkuat mulai sekarang dan melalui momentum yang baik bagi Indonesia di tengah pertumbuhan ekonomi yang juga terjaga stabil. Kita berharap di tahun 2030 kita bisa mencapai target yang disebutkan oleh banyak pelaku bisnis digital di dunia (proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia),” pungkas Nezar Patria.

Sekedar informasi, HUB.ID telah berhasil memfasilitasi 43 startup digital yang mengikuti seluruh aktivitas agar skala bisnisnya meningkat.

Sementara itu, event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) memfasilitasi pertemuan bisnis antara perusahaan BUMN dan startup.

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist