Launching GeuBAI, Dinkes Aceh Ajak Masyarakat Bawa Anak Imunisasi

Foto : Istimewa

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Pemerintah Aceh terus menggencarkan sosialisasi pentingnya imunisasi untuk mencegah muncul dan menyebarnya berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi, seperti polio, campak, difteri, pertusis, diare, dan kanker servik.

Salah satu upaya peningkatan capaian imunisasi di Aceh tersebut Dinas Kesehatan Aceh bekerjasama dengan Unicef dan Yadua Aceh melakukan launching kegiatan yang bernama Geurakan Ba Aneuk Imunisasi (GeuBAI) di Blang Padang, Banda Aceh, pada Minggu Pagi (10/9/2023).

Pada kegiatan ini tim dari Dinas Kesehatan Aceh dan Yayasan Darah Untuk Aceh (Yadua) melakukan sosialisasi langsung mengenai pentingnya imunisasi pada anak kepada pengunjung Blang Padang, Banda Aceh.

“GeuBAI adalah Geurakan Ba Aneuk Imunisasi. Seperti kita ketahui dalam 5-6 tahun terakhir di Aceh, capaian Imunisasi di Aceh sangat rendah sekali. Sehingga kita harus membuat suatu gerakan, yakni Geurakan Bak Aneuk Imunisasi”, jelas Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh dr. Iman Murahman.

Iman menambahkan jika GeuBAI bertujuan agar menumbuhkan kembali kesadaran kepada masyarakat dan orang tua mengenai pentingnya memberi imunisasi kepada anak dan mau bersama-sama membawa anaknya untuk diimunisasi.

“Kepada masyarakat agar lebih paham lagi, lebih mengetahui lagi, apa manfaat dari imunisasi dan agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Sehingga beramai-ramai kita ke Posyandu maupun ke tempat pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan imunisasi bagi anaknya,” ajak dr. Iman.

Masyarakat juga diharapkan bisa mengerti dan paham akan pentingnya memberikan imunisasi kepada anaknya agar bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Akibat kesadaran imunisasi yang rendah saat ini sudah banyak kembali timbul penyakit-penyakit yang sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi.

“Campak, difteri dan pertusis, tetanus itu sudah mulai banyak kembali di masyarakat, sehingga kita harus mensosialisasi kembali ke masyarakat agar mau membawa anak-anaknya untuk dimunisasi, melalui Geirakan Ba Aneuk Imunisasi (GeuBAI) ini”, harap dr. Iman.

Panitia juga memberikan merchandise menarik kepada pengunjung, seperti wadah makanan dan botol minuman. (Mc03)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist