Menkominfo Dorong Mahasiswa Kembangkan Kemampuan Adaptasi Digitalisasi

Foto: Humas Kominfo

SALINDIA.ID – Jakarta, Generasi muda khususnya mahasiswa, didorong untuk mengembangkan kemampuan pribadi dalam adaptasi digitalisasi yang telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan masyarakat, seperti kecakapan digital, hingga memecahkan masalah.

“Sejalan dengan digitalisasi yang menjadi pendorong transformasi budaya, ekonomi, dan sosial, kaum muda perlu keterampilan literasi dan kecakapan digital, kreativitas dan inovasi, komunikasi, serta problem solving,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam keterangannya terkait Orasi Ilmiah Wisuda ke-109 Tahun 2023 untuk Program Vokasi,¬†Sarjana dan Pascasarjana¬†Universitas Muhammadiyah Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Selasa (29/8/2023).

Menkominfo Budi Arie mengatakan, mahasiswa perlu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, menciptakan solusi baru, dan mengembangkan aplikasi teknologi yang dapat merespons kebutuhan zaman.

“Kita sudah sering melihat dan mendengar berbagai startup teknologi yang lahir dari ide-ide brilian kaum muda,” kata Mnekominfo.

Kemampuan menciptakan solusi dan inovasi baru ini diharapkan bisa menjadi modal dalam memanfaatkan peluang transformasi digital yang bisa berkontribusi hingga Rp 4.434 triliun atau setara dengan 16 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia di 2030.

Disisi lain, pemerintah juga menghadapai tantangan dalam memanfaatkan peluang tersebut, seperti kapasitas sumberdaya manusia yang rendah, ketidaksetaraan akses, penyebaran konten negatif di ruang siber, dan ancaman keamanan di ruang digital.

“Saat ini Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif mencapai lebih dari 191 juta orang dan sebagian besar merupakan Generasi Z. Di saat bersamaan, hingga tahun 2030, Indonesia diperkirakan membutuhkan talenta digital sebanyak sembilan juta orang,” tutur Budi Arie Setiadi.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menyelenggarakan program penyiapan sumber daya manusia (SDM) bidang digital melalui program literasi digital dasar, pengembangan kemampuan digital teknis, serta pelatihan bagi pengambil kebijakan, baik di sektor publik maupun privat dan pemberian beasiswa di bidang transformasi digital.

Menteri Budi Arie juga berpesan agar mahasiswa terus meningkatkan keterampilan, mengembangkan minat dan bakat, mendorong inovasi, dan produktivitas.

“Saya percaya bahwa peran kaum muda dalam transformasi digital adalah kunci untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Dengan inovasi dan kreativitas, saya yakin kaum muda dapat merintis jalan menuju kemajuan teknologi yang diiringi oleh nilai-nilai kebangsaan, untuk menuju Indonesia Maju,” tandas Menkominfo.

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Foto: Humas Kominfo

Share :

Related Posts

Add New Playlist