193 Mahasiswa USK Siap Tampil di MTQM Tingkat Universitas

Foto : Istimewa

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Sebanyak 193 mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang berasal dari berbagai Fakultas siap tampil pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) ke XVII tingkat universitas, yang dilaksanakan mulai tanggal 29 – 31 Agustus 2023.

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan milad ke 62 USK ini dibuka secara resmi oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Halaman Masjid Jamik Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Rabu (29/8/2023).

Ketua Panitia Fathurrahmi, S.Si. M.Si dalam laporannya menjelaskan, 193 peserta MTQ tersebut akan tersebar pada 12 cabang MTQ yang dipertandingkan. Adapun venue utama MTQ ini adalah Masjid Jamik Kopelma Darussalam. Lalu venue lainnya adalah di Fakultas Hukum, Gedung UPT TIK, Perpustakaan USK, dan tempat lainnya.

“Dari 12 cabang yang diperlombakan, ada dua cabang dengan jumlah peserta terbanyak yaitu Tilawah dan Hafidz 1-5 juz dengan jumlah peserta masing-masing 46 orang,” ucapnya.

Fathurrahmi mengungkapkan, kompetisi MTQ tingkat universitas ini merupakan ajang penjaringan untuk mencari mahasiswa unggul yang siap untuk mewakili USK pada ajang MTQ Mahasiswa Nasional di Universitas Brawijaya, Malang.

“Peserta yang terpilih ini nantinya akan mengikuti pelatihan khusus. TC internal ini bertujuan untuk menyiapkan mereka untuk siap tampil di MTQM Nasional mendatang,” ucapnya.

Selanjutnya, Rektor menyampaikan selamat kepada seluruh peserta karena berhasil tampil untuk mewakili fakultasnya masing-masing. Menurut Rektor hal ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan.

Meskipun demikian, Rektor berharap pelaksanaan MTQ ini tidak sekadar kompetisi. Tapi juga bermakna untuk mensyiarkan alquran dan islam di masyarakat.

Untuk itulah, setiap peserta yang tampil ini punya tanggung jawab besar untuk mensyiarkan nilai-nilai alquran dan islam dalam kesehariannya.

“Jadi, bagaimana kita mampu menghadirkan alquran dalam diri sendiri serta masyarakat, melalui prilaku kita yang benar-benar mencerminkan isi al quran,” ucap Rektor.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhammad Ilham Maulana, ST, MT, Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc, serta para dewan hakim. (mc/02)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist