ASEAN Ajak Jepang Kolaborasi Perkuat Keamanan Ruang Digital

Foto: Humas Kominfo

SALINDIA.ID – Jakarta, Negara ASEAN mengajak Jepang berkolaborasi memperkuat keamanan dan keselamatan ruang digital, dari ancaman kejahatan siber yang semakin canggih dengan beragam bentuk dan tidak mengenal batas negara.

“Kita tidak kebal terhadap bahaya yang datang seiring dengan kemajuan. Ancaman siber telah menjadi momok yang terus membayangi, muncul dalam berbagai bentuk dan semakin canggih,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo), Mira Tayyiba, dalam keterangannya terkait Pertemuan ke-19 ASEAN Telecommunication Regulators’ Council (ATRC) dengan Jepang di Badung, Bali, pada Kamis (24/8/2023).

Menurut Sekjen Mira, dalam situasi konektivitas yang tidak mengenal batas negara, keberadaan praktik terbaik regulasi, manajemen spektrum, keamanan siber, dan integrasi teknologi menjadi prasyarat untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan ranah digital.

Oleh karena itu, sebagai Ketua ATRC ke-29, Mira Tayyiba mengajak seluruh delegasi yang hadir mengambil langkah proaktif untuk melindungi infrastruktur digital dan kepercayaan warga negara ASEAN dan Jepang.

“Usulan Jepang dalam memperkuat efektivitas respons insiden dan mempromosikan standar keamanan siber internasional merupakan mercusuar harapan bagi ASEAN,” jelasnya.

Sekjen Kominfo mengatakan, pertemuan ASEAN-Jepang menjadi tonggak penting untuk melanjutkan komitmen membina kerja sama, kolaborasi, dan kemajuan dalam sektor telekomunikasi.

Dia mengharapkan kolaborasi ASEAN-Jepang dapat meningkatkan ketangguhan masing-masing negara dalam melawan ancaman siber dengan lebih gesit.

“Di dunia yang saling terhubung ini, telekomunikasi memainkan peran penting, yang berfungsi sebagai tulang punggung ekonomi dan masyarakat kita,” tutur Mira Tannyiba..

“Inisiatif itu bukan hanya tentang kolaborasi teknis, itu tentang membangun komunitas tangguh yang dapat merespons dengan cepat dan tegas ketika ruang digital kita terancam,” tambah Sekjen Kominfo.

Turut hadir dalam acara itu Delegasi Jepang, delegasi negara ASEAN, perwakilan Sekretariat ASEAN, dan Direktur ASEAN ICT Centre (AICTC).

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Foto: Humas Kominfo

Share :

Related Posts

Add New Playlist