Koperasi Alat Ekonomi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Foto : Humas Pemerintah Aceh

SALINDIA.ID – Banda Aceh, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan bahwa di negara-negara maju, anggota koperasi bisa mencapai jutaan orang, karena mereka meyakini kolektivitas adalah kunci sukses koperasi.

“Best practice semacam itu harus kita contoh dan kembangkan di Aceh.”katanya pada Peringatan Hari Koperasi ke-76 dan Hari UMKM je-7 tahun 2023, di Lapangan GOS Meulaboh, Minggu (20/8/2023).

Menurut, majunya koperasi akan meningkatkan kesejahteraan anggota. Koperasi bisa diibaratkan sebagai bus yang menyatukan anggota untuk pengadaan, produksi, dan pemasaran bersama.

Gubernur menjelaskan, koperasi adalah alat ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui usaha dan layanan yang sesuai kebutuhan anggota, koperasi menyatukan kepentingan ekonomi, meningkatkan efisiensi kolektif, serta konsolidasi sumber daya, agar berbagai usaha dapat dijalankan secara maksimal.

Sementara terkait UMKM, yang diharapkan terus tumbuh, untuk memajukan perekonomian daerah dan nasional, berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.

Achmad Marzuki menambahkan, Koperasi dan UMKM memainkan peran vital dalam perekonomian global, untuk menjaga keseimbangan ekonomi yang adil.

Menurutnya, saat ini, pertumbuhan ekonomi global sering menguntungkan negara-negara maju, dan bisnis-bisnis berskala besar. Otomatis, benefit-nya hanya dinikmati oleh segelintir orang, serta semakin memperlebar kesenjangan sosial dan ekonomi.

“Karena itu, kita sepakat bahwa bisnis-bisnis yang tumbuh dan dibangun di negeri ini tidak boleh memperlebar jurang kesenjangan tersebut. Solusinya, kita harus aktif membangun ekonomi yang inklusif melalui koperasi dan UMKM,” kata Gubernur. (MC 05)

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist