Indonesia Paparkan Inisiatif SDGS Desa di Markas PBB

Foto: Humas Kemendes PDTT

SALINDIA.ID – Jakarta, Inisiatif pembentukan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dipaparkan delegasi Indonesia yang diwakili Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kepala BPI Kemendes PDTT), Ivanovich Agusta di kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York, Amerika Serikat.

“Di tingkat desa, Indonesia memiliki sejumlah arah kebijakan, seperti inisiatif SDGs Desa,” kata Ivanovich dalam keterangannya terkait pertemuan High-Level Political Forum on Sustainable Development 2023, di kantor pusat PBB, New York, Amerika Serikat, pada Rabu (12/7/2023).

Kepala BPI Kemendes PDTT mengatakan, akses pelokalan SDGs sampai ke tingkat desa dan daerah menjadi kunci mempercepat pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

SDGs sendiri diinisiasi Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, untuk memberdayakan masyarakat desa dalam proses pembangunan di wilayahnya masing-masing.

“Mereka berkontribusi secara aktif mendukung SDGs Desa, melalui fasilitas alat, pengetahuan, dan sumber daya lain,” ungkap Ivanovich, dalam sesi Transformation from the ground up: Acting at local level.

Menurut Ivanovich, SDGs Desa memastikan suara penduduk desa didengar, dengan menekankan inklusivitas dan menguatkan rasa memiliki maupun solidaritas antar warga desa.

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah (Pemda) memainkan peran penting dalam mengajak pemangku kepentingan untuk turut memberikan dukungan arah kebijakan SDGs Desa.

“Selama pandemi, Indonesia juga menerapkan dua kebijakan utama, berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dan Padat Karya Tunai Desa,” tuturnya.

Dia juga mendorong agar praktek kebijakan percepatan pembangunan desa dari Indonesia ini dapat diadopsi oleh negara-negara lain.

“Kami berharap tindakan transformatif, solusi inovatif dan kemajuan yang dicapai masyarakat desa tidak hanya diakui, tetapi juga praktek baik ini dibagikan dan dapat direplikasi di seluruh negara anggota PBB.” tutup Kepala BPI Kemendes PDTT.

Dalam pertemuan yang dihadiri delegasi dari 196 negara ini, Indonesia memamerkan hasil-hasil SDGs tingkat nasional sampai desa dan menyajikan seminar bertajuk Driving Changes at the Local Level: Innovative Approaches to Localize the SDGs.

Foto: Humas Kemendes PDTT

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist