Mencegah Polarisasi di Pemilu 2024, Polri Bentuk Satgas Nusantara

SALINDIA.ID – Jakarta, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan kembali membentuk satgas khusus bernama Satgas Nusantara guna mencegah terjadinya polarisasi, hingga pemberantasan hoaks pada Pemilu 2024.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan rapat pembentukan Satgas Nusantara telah dilakukan, dan hanya tinggal menunggu proses administrasi.

“Administrasi untuk sprin (surat perintah) pelaksanaan Satgas Nusantara tersebut supaya bisa menjadi cooling sytstem dalam rangka persiapan Pemilu 2024,” kata Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan resminya, pada Jumat (7/7/2023).

Kendati demikian, ia belum menjelaskan secara rinci soal target dan cara kerja Satgas yang akan dibentuk Polri tersebut.

Namun hal yang pasti adalah dalam pembentukan Satgas Nusantara, Polri bakal menggandeng seluruh stakeholder dalam mewujudkan Pemilu damai pada kontestasi politik mendatang.

“Polri akan menggandeng semua stakeholder terkait, dan semua komponen masyarakat dalam rangka menciptakan pemilu damai untuk Indonesia lebih maju lagi,” tegas dia.

Sebagai informasi, Satgas Nusantara Polri sebelumnya sudah pernah dibentuk dalam rangka mengamankan situasi negara saat Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Saat itu, Komjen Gatot Eddy Pramono ditunjuk menjadi Kepala Satgas (Kasatgas) Nusantara Polri.

Foto: dok. Divhumas Polri

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist