Generasi Z Berperan Penting Wujudkan Cita-cita Proklamasi

SALINDIA.ID – Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy tidak bosan mengingatkan jajarannya agar generasi post milenial atau Gen Z terus dimonitor dan dibina melalui edukasi dan berbagai aktivitas positif.

Sehingga on track dan kelak menghasilkan generasi usia produktif yang membawa Indonesia kepada kemajuan. Hal tersebut disampaikannya saat acara Sarasehan Revitalisasi Trisakti pada Senin (3/7/2023).

“Trisakti adalah senjata paling ampuh kalau kita ingin mewujudkan Indonesia seperti yang kita cita-citakan dalam proklamasi kita. Kita harus betul-betul melibatkan generasi post milenial atau Gen Z,” kata Menko Muhadjir.

Revolusi Mental, katanya, harus bisa menggaungkan perubahan cara berpikir, cara bersikap, dan cara bertindak serta menanamkan tiga gagasan Trisakti kepada generasi penerus masa depan bangsa.

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Kemenko PMK Andie Megantara menjelaskan bahwa melalui Sarasehan Revitalisasi Trisakti ini dapat dilakukan penggalian dan penguatan kembali nilai dan spirit Trisakti sebagai landasan fundamental dalam membangun karakter bangsa.

Lebih lanjut, Andie berharap dengan adanya acara sarasehan tersebut dapat membuahkan pemikiran-pemikiran cerdas sebagai sumbangsih bagi upaya mengatasi masalah-masalah kehidupan berbangsa untuk meyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Saya menaruh harapan besar dimana sedapat mungkin hasil-hasil pemikiran sarasehan ini akan menjadi rekomendasi kebijakan, untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan menyongsong Indonesia Emas 2045,” kata Andie.

Rangkaian kegiatan Sarasehan Revitalisasi Trisakti dilaksanakan mulai dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2023 di Aula Heritage Kemenko PMK. Pada hari pertama, mengusung tema “Kedaulatan Dalam Bidang Politik”

Hari kedua, tema yang dipilih adalah “Berdikari di Bidang Ekonomi dan hari ketiga, mengangkat tema “Berkepribadian dalam Kebudayaan” dengan masing-masing tiga pembicara.

Foto: Kemenko PMK

Sumber Berita : InfoPublik.Id

Share :

Add New Playlist