Dandim 0107/Aceh Selatan Ajak Masyarakat Dukung Sensus Pertanian Tahun 2023

SALINDIA.ID – Aceh Selatan, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, SE mengajak seluruh masyarakat Aceh Selatan berpartisipasi aktif dan mendukung Pendataan Lengkap Sensus Pertanian 2023 bagi seluruh pelaku usaha di bidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Kehutanan serta Jasa Pertanian.

“Sensus pertanian ini bertujuan untuk menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini dalam mendukung pembangunan di Aceh Selatan,”ujar Dandim dalam pers lirisnya, Kamis (11/5/2023).

Deketahui, kegiatan sensus pertanian ini akan dilaksanakan mulai 1 Juni sampai dengan 31 Juli 2023.

“Kejujuran masyarakat dibutuhkan untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani Aceh Selatan,”imbuh Dandim.

Sebagai informasi data statistik dasar sektor pertanian secara lengkap dan menyeluruh dikumpulkan melalui kegiatan sensus pertanian yang menjadi tugas dan tanggung jawab Badan Pusat Statistik (BPS).

Salah satu tahapan penting dalam sensus Pertanian tahun 2023 adalah pengumpulan data. Kegiatan ini melibatkan banyak petugas baik dari organik BPS maupun mitra.

“Terima kedatangan petugas sensus pertanian dan berikan jawaban dengan jujur,”ajak Dandim.

Lebih lanjutnya Dandim Aceh Selatan menjelaskan, tujuan lain dari pelaksanaan sensus pertanian yakni untuk memperbaiki data tentang petani di Indonesia secara lengkap.

Setelah didapat profil petani imbasnya akan terhimpun data petani yang bagus dan lengkap dimana dapat digunakan menyusun kebijakan pemerintah.

“Pendataan ini juga, tidak menutup kemungkinan pemerintah bisa memberikan bantuan untuk mengembangkan usaha mereka bagi petani yang ditemukan masih membuka usaha kecil-kecilan,”pungkas Dandim.

Untuk itu, Letkol Arh Helmy mengimbau agar masyarakat petani mendukung penuh dan koperatif dalam memberikan informasi kepada petugas sensus pertanian yang melaksanakan tugasnya nanti.

“Oleh karena itu, mari kita mendukung sensus pertanian ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan,”tutup Dandim.

Share :

Related Posts

Add New Playlist