Memperkuat UMKM di Banda Aceh, Bang Ami Lakukan Audiensi Bersama Sekdep Usaha Mikro Kemenkop RI

Salindia – Dalam rangka mendukung akselerasi UMKM di Banda Aceh, Aminullah, SH atau yang kerap disapa Bang Ami melakukan audiensi bersama Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KEMENKOP-UKM RI), dalam hal ini disambut langsung oleh Ibu A.H. Novieta sebagai Sekretaris Deputi Usaha Mikro, di Jakarta, Rabu (3/05/2023).

Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari pada perhatian dan fokus dirinya terhadap pengabdian kepada masyarakat melalui Lentera Muda Karya (Lemka) Foundation.

“Potensi-potensi UMKM di banda aceh perlu adanya pendampingan, terutama pada tahap branding sampai ke tahap marketing dan tak berlebihan jika kedepannya akan ada beberapa produk UMKM di Banda Aceh yang memasuki pasar ekspor,” Ujar Bang Ami.

Sementara itu, kalau dilihat dari angka statistik, jumlah UMKM Banda Aceh terus mengalami pertumbuhan, di mana pada 2021 sebanyak 16.970 usaha, dan hingga Februari 2022 sudah mencapai 17.080 unit usaha.

“Maka untuk ke depannya kita terus berikhtiar dan optimis seiring peningkatan kuantitas juga tak luput daripada peningkatan kualitas hingga produk-produk UMKM di Banda Aceh memiliki daya saing tinggi di kancah nasional maupun internasional ke depannya,” Jelas Bang Ami.

Beberapa UMKM yang bergerak di bidang Fashion dan hand craft yang secara spesifik produknya tergolong otentik dan memiliki daya tarik, namun sayangnya tak sedikit dari pelaku UMKM tersebut yang belum mengurus izin usaha dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap brand mereka, tak ayal juga jika berbicara mengenai ekspansi pasar ke kancang nasional dan ekspor.

“Oleh karena itu saya sebagai pemuda Kota Banda Aceh berharap pada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, agar dapat memberi perhatian pada pelaku UMKM di Banda Aceh berupa fasilitas pendidikan melalui pelatihan mengenai UMKM. Hal ini nantinya dapat sekaligus mendampingi UMKM yang ada di Kota Banda Aceh agar memiliki kesempatan untuk meng-scale up produknya hingga berdampak pada ekspansi market di kancah nasional maupun internasional,” Pungkas Bang Ami.

Share :

Add New Playlist